Khasiat Bawang Merah: Bermanfaat Sebagai Pengobatan Tradisional Yang Baik Untuk Kesehatan

Khasiat Bawang Merah: Bermanfaat Sebagai Pengobatan Tradisional Yang Baik Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang Merah Dapat Menyembuhkan Batuk, Mencegah Penyakit Jantung Dan Kolesterol

Bawang merah merupakan salah satu makanan yang paling banyak digunakan sebagai bumbu, penyedap rasa dan aroma masakan diseluruh Indonesia. Bawang bombay dan daun bawang masih serumpun dengan bawang merah. Secara tradisional bawang merah dipakai sebagai obat pencegah masuk angina. Namun dari beberapa penelitian ternyata bawang merah dan bawang bombay mempunyai banyak khasiat lainnya.

Bawang merah, branbang (Jawa), Pia (Karo) banyak dibudidayakan diseluruh Indonesia, nanam yang paling banyak ditanam petani ialah di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Dalam bawang terdapat senyawa fitokimia (fitomatrien) yaitu quercetin. Senyawa quercetin dalam dalam bawang merah/ bombay  penyerapannya jauh lebih efesien dibandingkan quercetin yang terdapat bahan makanan lain seperti dalam teh dan dalam buah apel.

Bawang merah/ bombay mengandung bermacam – macam sulfur organic yang bermanfaat bagi kesehatan antara lain senyawa propanethial sulfuroksida yang mudah menguap dengan bau yang khas bila dipotong atau dimemarkan, karena itu bawang merah sebaiknya digunakan dalam bentuk segar sehingga khasiatnya yang diperoleh menjadi lebih besar

  • KANDUNGAN GIZI

Bawang merah/ bombay mengandung flavonoids (terutama quercetin), pectin (serat) minyak yang dapat menguap, biotin, phenolic acids, sterols, saponin, asam folat, vitamin (C, B6) dan mineral (kalium, fosfor, kalsium, magnesium)

Dalam 100 Gram Bawang Merah/ Bombay Mengandung:

Karbohidrat
8 gram
Magnesium
10 mg
Protein
1,2 gram
Vitamin C
6 mg
Kalium
150 mg
Vitamin B6
0,1 mg
Fosfor
32 mg
As folat
18 µg

  • KHASIAT BAWANG MERAH – BOMBAY

Menyembuhkan Influenza Dan Batuk Berdahak

Secara tradisional bawang merah/ bombay sudah dari dulu dikenal sebagai penyembuh masuk angin. Bawang merah/ bombay berkhasiat anti bakteri dan antiseptic serta sifatnya peluruh dahak (ekspektoran), maka dapat digunakan mengobati influenza, bronchitis dan batuk berdahak. Bawang merah segar direndam dalam sedikit air dan madu selama kira – kira  3 jam, kemudian dikunyah – ditelan.

Mencegah Penyakit Jantung Koroner Dan Stroke

Bawang merah/ bombay mengandung quescetin yang merupakan antioksidan yang potensial mencegah pengumpalan tronbosit sehingga terhindar dari pembekuan darah dipembuluh darah. 

Hal itu akan mengurangi resiko terjadinya penyakit jantung coroner dan menghindari stroke. Sewaktu mengkonsumsi makanan yang berlemak sebaiknya bawang merah yang segar dimakan bersama – sama.

Menurut penelitian orang – orang yang menderita tekanan darah tinggi bila mengkonsumsi bawang merah/ bombay secara teratur  akan menurunkan tekanan darah mereka. Sedangkan orang – orang yang mengidap kolesterol tinggi, secara siginifikan akan menurunkan kadar kolesterol total.
Disamping itu adanya senyawa quercetin dalam bawang merah/ bombay yang potensial sebagai antioksidan maka dapat mengurangi resiko kanker kandungan kemih dan kanker paru – paru bila para perokok mengkonsumsi bawang merah/ bombay secara teratur.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Khasiat Bawang Merah: Bermanfaat Sebagai Pengobatan Tradisional Yang Baik Untuk Kesehatan" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.