Makanan Sehat | Ini Dia Manfaat Istimewa Mengkonsumsi Sayur Brokoli Untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Luar Biasa Yang Ada Pada Sayur Brokoli Untuk Mencegah Banyak Penyakit Berbahaya


Contents:


Manfaat Istimewa Brokoli - Broccoli atau Brassica oleracca italica, termasuk sayuran jenis eruciferous berasal dari pantai Laut Tengah. Daun dan sifat pertumbuhan brokoli mirip dengan kembang kol

Bedanya bunga kol berwarna putih sedang bunga brokoli berwarna hijau tua dan masa tumbuhnya lebih lama. Brokoli tersusun dari bunga – bunga kecil berwarna hijau tapi tidak sepadat bunga kol dan tangkai kembang brokoli lebih panjang.

Brokoli bisa dimakan mentah sebagai campuran salad, direbus dan dimasak dengan sayuran lain. Merebus brokoli jangan terlalu lama, beberapa menit saja karena pemanasan lama akan merusak senyawa anti kanker

Brokoli banyak yang mengandung zat – zat yang efektif melawan proses oksidasi serta memiliki banyak kelebihan dalam menghambat penuaan dini. 

Salah satu senyawa fitokimia yang penting dalam brokoli ialah sulphoraphane yang ditemukan oleh para ilmuwan Universitas John Hopkins.

Mereka berhasil mengenali berbagai keistimewaannya terutama mengembalikkan aktivitas dan vitalitas enzim – enzim penawar racun sehingga mengurangi resiko terkena penyakit kanker lebih dari 50%.

  • KANDUNGAN GIZI DAN ZAT YANG BERMANFAAT

Sayuran cruciferous seperti brokoli, kol dan kubis – kubisan lainnya dapat meningkatkan kadar enzim antioksidan yaitu glutation peroksidase yang berperan menghasilkan glutation dan berperan sebagai antioxidan dalam tubuh.

Tingginya kadar glutation dalam tubuh akan menurunkan resiko terhadap berbagai penyakit terutama yang berhubungan dengan radikal bebas dalam tubuh.

Kandungan Gizi dalam 100 gram Brokoli
Kandungan Gizi dalam 100 gram Brokoli

  • KHASIAT ISTIMEWA PADA SAYUR BROKOLI

  • 1. Mencegah Tukak Lambung dan Kanker Lambung

Kandungan sulphoraphane dalam brokoli efektif membantu tubuh melenyapkan Helicobacter pyloni, yaitu kuman penyebab tukak (aleus) lambung

Kuman ini dapat meningkatkan 3 – 4 kali lipat resiko kanker lambung dan juga menyebabkan gangguan lambung seperti gastritis dan esophagitis.

  • 2. Mencegah Spina Bifida

Brokoli merupakan sumber asam folat sangat baik. Karena itu ibu hamil dianjurkan mengkonsumsi sayuran brokoli untuk mencegah spima bifida pada bayi. 

Spima Bifida ialah kelainan pada tulang belakang (Sjahmien Molhya, Ahli Gizi)

  • 3. Mengurangi Resiko Penyakit Jantung, Darah Tinggi, Diabetes dan Katarak

Brokoli mengandung antioksidan yang potensial seperti Vitamin C, Vitamin E dan Betakaroten. Dengan mengkonsumsi brokoli akan meningkatkan antioksidan dalam tubuh dan memperkuat terbentuknya enzim glutation peroksidase yang akan meningkatkan kandungan glutation dalam jaringan tubuh. 

Tingginya kadar glutation dalam tubuh memperkecil resiko penyakit darah tinggi, jantung, stroke, diabetes mellitus dan katarak.

Perhatian:

Brokoli dan sayuran eruciferous lainnya, seperti kol, bunga kol akan menghambat penyerapan yodium

Konsumsi brokoli lebih dari 2 – 3 kali dalam sepekan, harus diikuti dengan konsumsi bahan makanan yang kaya akan yodium.

Untuk artikel kesehatan lainnya bisa kunjungi disini

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Makanan Sehat | Ini Dia Manfaat Istimewa Mengkonsumsi Sayur Brokoli Untuk Kesehatan" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.