Pentingnya Buah Apel: Berkhasiat Sebagai Antiradang dan Menurunkan Kadar Kolesterol

Manfaat Buah Apel - Berkhasiat Sebagai Antiradang Dan Menurunkan Kadar Kolesterol

Bagi Kesehatan Buah Apel Berkhasiat Sebagai Antiradang Sekaligus Menghambat Penyerapan Lemak Dalam Tubuh

Content

Apel berasal dari Asia dan Eropa Timur dan sekarang telah tersebar keseluruh dunia. Ada ribuan varietas apel hasil pengembangan dan persilangan, bervariasi dalam warna, rasa dan aroma.

Kulit apel warnanya bermacam – macam, merah, hijau, hijau kemerahan, kuning tergantung varietasnya. Daging buah apel garing dan renyah dan dapat dimakan dengan kulitnya rasanya manis, manis asam dan asam. Di Indonesia penghasil utama apel ialah kota Batu, Malang Jawa Timur.

  • KANDUNGAN ZAT GIZI BUAH APEL
  • Sebuah apel ukuran medium magandung sekitar: 7 UI vitamin A, 8 mg vitamin C, 0,1 mg vitamin B6, 0,1 vitamin B2, 4 mcg folat, 21 g karbohidrat, 10 mg kalsium, 7 g magnesium, 160 mg kalium dan 10 mg fosfor. Apel juga mengandung serat larut (pectin) dan serat tak larut, ellagic acid, flavonoid terutama quercetin, catechin dan epicatechin.

    Pameo, “An apple a day keeps the doctor away” menunjukkan hebatnya khasiat apel bagi kesehatan. Dipercaya bahwa makan satu apel setiap hari membuat orang sehat dan awet muda. Sebenarnya tidak ada satu jenis buah apapun yang memenuhi seluruh kebutuhan tubuh manusia akan vitamins, mineral dan fitokimia. Pameo itu sekedar mengingatkan orang agar mau mengkonsumsi buah setiap hari.

  • KHASIAT BUAH APEL
  1. Qrercetin dalam apel berkhasiat antiradang (antiinflamasi) dan antioksidan yang kuat yang menetralisir radikal bebas sebelum merusak DNA dan bagian penting lain dari tubuh termasuk kulit sehingga dapat mencegah kriput.
  2. Serat larut (pectin) akan membentuk gel diusus dan bermanfaat menghambat penyerapan lemak sehingga menurunkan kadar kolesterol.
  3. Dari hasil berpuluh – puluh penelitian, terbutkti bahwa mengkonsumsi apel setiap hari ternyata menurunkan hipertensi mengurangi resiko penyakit jantung coroner, stroke, asma, diabetes tipe 2, mencegah kanker terutama kanker paru dan menurunkan berat badan.
NB. Kandungan flavonoid (terutama quercetin) dalam apel hanya kalah dari cranberry dan mengalahkan buah lainnya seperti stroberi, nenas, pisang, buah anggur merah, lemon, pir, jeruk, jeruk bali.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Pentingnya Buah Apel: Berkhasiat Sebagai Antiradang dan Menurunkan Kadar Kolesterol" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.
Labels:

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.