Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat (Kandungan Dalam Buah Alpukat) Bagi Kesehatan Tubuh

Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat (Kandungan Dalam Buah Alpukat)
Buah Alpukat 

KANDUNGAN DAN MANFAAT BUAH ALPUKAT YANG MEMBERIKAN BANYAK KEUNTUNGAN KHUSUSNYA BAGI KESEHATAN TUBUH


Penulis: Pt. Em. Kuasa Bukit

Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat Yang Memberikan Banyak Keuntungan Bagi Kesehatan Tubuh - Alpukat bahasa Inggris Avocado, berasal dari Amerika Tengah dan sekarang banyak ditanam di daerah tropis termasuk di Indonesia. Dipasaran, alpukat hampir selalu ada sepanjang tahun. Bentuk buahnya bulat telur atau lonjong, kulitnya mengkilap berwarna hijau atau hijau kekuningan atau. ungu Alpukat berbiji satu, bentuknya bulat dan putih kemerahan.

Buah alpukat yang sudah tua atau masak warna kulitnya hijau tua dan tidak mengkilap. Daging buah alpukat lebih sering dimakan sebagai penganan manis, seperti bahan campuran eskrim, es teler, dibuat jus atau campuran salad.

  • KANDUNGAN GIZI PADA ALPUKAT

Alpukat mengandung zat gizi yang tinggi dan lengkap, layaknya gabungan dari gizi buah – buahan, sayur – sayuran dan kacang – kacangan, semuanya menjadi satu dalam satu biji alpukat. Sumber yang baik dari lebih 10 mineral yang essensial seperti magnesium besi, tembaga, fosfor, potassium dll ( Prof. DR. Chris KH Teo dan Ch’ng BengIm, Makanan dan Kanker, Cancer Care Penang, Malaysia, Juni 2001 ).

Vitamin yang terdapat dalam alpukat ialah Vit A, Vit B1, Vit B6, Vit B12, Vit C dan Vit E. Disamping itu alpukat juga mengandung sejumlah filokimia seperti saponim, alkaloid, flavonoid, asam folat, asam pantotenat, lesitin, niasin dsb.

Pada tabel berikut dapat kita lihat tingginya kadar gizi dari alpukat. Setiap 200 gram alpukat mengandung :
  • Kalori 324 Air 74%
  • Serat 10 g Lemak 31 g
  • Karbohidrat 15 g Protein 4 g
  • Kalsium 22 mg Kalium 1,204 mg
  • Zat Besi 2 mg Magnesium 78 mg
  • Fosfor 82 mg Vit A 123 IU
  • Vit C 16 mg Vit B1 0,2 mg
  • Vit B 12 0,2 mg Vit B6 0,5 mg
  • Vit E 3 mg Niasin 3,8 mg 
  • dan 124 μg asam folat

Sumber:

( Dr Setiawan Dalimantha dan dr Felix Adrian, Fakta ilmiah, BUAH dan SAYUR, penerbit Swadaya Grup. Jakarta Timur, 2013. )

  • KHASIAT DARI ALPUKAT

Alpukat mengandung lemak tinggi namun tidak berbahaya, karena kandungan lemak tsb berupa lemak tidak jenuh tunggal, yang memberi banyak keuntungan bagi kesehatan tubuh manusia seperti menurunkan kadar kolesterol LDL dan trigliserida serta membantu menstabilkan kadar gula darah.

Kandungan beta sistoteral dalam buah alpukat dapat mengurangi penyerapan kolesterol diusus yang berasal dari makanan. Kandungan serat dan asam lemak tak jenuh tunggal bersama – sama dengan vitamin C dan E dan glutation, memiliki antiradang, antioksidan dan dapat melindungi pembuluh darah arteri dari kerusakan akibat timbunan kolesterol LDL. Niasin juga dapat meningkatkan kolesterol HDL.

Oleh karena itu orang – orang yang secara teratur mengkonsumsi buah alpukat, akan menurunkan resiko terkena penyakit kanker dan jantung. Kandungan asam folat dalam alpukat dapat mencegah cacat lahir di otak dan tulang belakang. ( dr Setiawan Dalimartha & dr Felix Adrian ). Karena itu sangat dianjurkan kepada ibu hamil untuk mengkonsumsi alpukat dan jangan banyak gulanya ya! (Penulis).

Kandungan glutation yang tinggi dalam buah alpukat sangat penting untuk melindungi sel dan penghambat proses oksidasi. Daging buah juga melembutkan, menyejukkan dan melindungi kulit sehingga memperlambat proses penuan (Prof. DR Abdul Basith MS, Awet Muda & Tetap Sehat, PT Embun Publising, 2010 ).

Karena kandungan vitamin E yang tinggi maka apabila mengkonsumsi alpukat secara teratur dapat memperbaiki kwalitas sperma sehingga bisa meningkatkan kesuburan pria. Masih banyak kegunaan buah alpukat yang belum disebutkan disini. Mari kita mengkonsumsi buah alpukat dan sebagai tanaman alternatif dan dianjurkan menanam pohon alpukat. 

Semoga informasi ini sangat berguna bagi sahabat sekalian info kesehatan lainnya bisa baca link dibawah ini. Tetap sehat untuk kita semua


Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Khasiat dan Manfaat Buah Alpukat (Kandungan Dalam Buah Alpukat) Bagi Kesehatan Tubuh" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.
Labels:

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.