Yan Stevanus
#Me

Pendakian Gunung Gede Pangrango Sampai Ke Puncak (Summit)

Tantangan Mendaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango-Sebenarnya saya sendiri bukan hobi atau suka naik gunung karena ada didalam pemikiran saya naik gunung itu buang waktu dimana kita harus naik lalu setelah sampai atas harus turun lagi. Walaupun pada akhirnya saya sendiri pun ikut mendaki gunung gede bersama teman-teman saya.

Alasannya cuma satu yaitu kebersamaan. Sampai pada akhirnya mendaki gunung itu hal yang cukup menyenangkan dan menarik buat saya. Banyak orang bilang dengan mendaki gunung kita dapat banyak manfaat diantaranya:
  • Melawan diri sendiri
  • Memaksimalkan potensi yang ada di dalam diri kita
  • Melatih jiwa kepemimpinanan, terakhir
  • Kita bisa tau sifat teman kita sebenarnya
Pendakian awal kami mulai dari gunung putri (kalo tidak salah ingat) sampai ke puncaknya kurang lebih 6 jam untuk sampai surya kencana dengan berjalan terus tetapi sesekali kami berhenti. Sebenarnya buat saya itu perjalanan yang sulit karena saya sendiri bukan pendaki (hanya ikut teman-teman).

Menuju Surya Kencana
#JalurPendakian

Tantangan pun dimulai

Kami berjalan dari gunung putri itu jam 4 sore dimana lama kami berjalan sudah 4 jam yang saya tidak perkirakan jam 7 malam itu sudah sangat gelap dan dingin sekali dengan suhu -3 derajat (kata teman saya).

Karena sudah malam dan dingin sekali kita harus melanjutkan perjalanan dengan penerangan seadanya yaitu senter. Dan dengan bergerak suhu tubuh pun sudah mulai menyesuaikan dengan dinginnya udara gunung.

Mungkin sedikit tips saat mendaki gunung ada beberapa hal yang harus dijaga agar selamat dalam perjalanan sedikit diantaranya:
  • Jaga dalam berbicara atau berucap
  • Jangan senter pada langit-langit hutan (kata teman saya seorang pendaki)
  • Minta ijinlah sebelum buang air kecil maupun besar (dengan kepercayaan masing-masing)
  • Satu lagi jangan memetik bunga edelweis/ bunga abadi (karena sangat dilestarikan)

Sampai di Surya Kencana

Makan Malam Bersama
#Maka Malam
Setelah tiba disurya kencana kira-kira pukul 9 malam dimana udara sangat dingin sekali saya dan teman saya membangun tenda untuk tempat kami bermalam. Setelah itu kami memasak makanan untuk kami makan bersama sehabis itu barulah kami tidur walaupun itu sulit karena dinginnya suhu udara. Hal yang perlu diperhatikan sebelum mendaki gunung:
  • Bawa air minum secukupnya dan jaga persediaan air
  • Perhatikan perlengkapan seperti sliping bag, matras, jaket, parang (pasti perlu) dan lain-lain
  • Trash Bag (jaga kebersihan alam)
  • Ramsum dan kelengkapannya
  • Lebih detail boleh para "pencinta alam"

Keindahan Surya Kencana Di Pagi Hari

Air Gunung Pangrango
#MinumAirGunung
Setelah pagi hari datang dan matahari mencairkan es didedaunan disitulah saya melanjutkan tidur tenang saya selama satu jam karena malamnya saya tidur tidak tenang (maklum bukan pendaki). Walaupun cuma satu jam tapi terasa segar waktu bangun (mungkin karena panas sinar matahari langsung). Disitulah saya pertama kali merasakan air gunung langsung yang dingin dan segar.

Summit

Summit Gunung Gede Pangrango
#Summit
Jam 10 siang saya dan teman-teman melanjutkan pendakian untuk mencapai puncak/ summit yaitu target utama kami rencana awal naik gunung. Disitulah pertama kalinya saya berdiri diatas awan mungkin bisa dilihat digambar. Ya memang indah alam Indonesia hijau, dingin dan ini yang harus selalu dijaga dan dilestarikan.

Pengalaman naik gunung memang penuh dengan tantangan apalagi bisa mencapai puncak seperti mempunyai kepuasan tersendiri. Pelajaran yang bisa didapat karena berbaur dengan alam itu melatih kedisiplinan diri sendiri maupun kedisiplinan terhadap alam. Pendakian Gunung Gede Pangrango mungkin bisa dijadikan alternatif objek pariwisata mengisi liburan. Yang perlu diingat dalam mencapai puncak "fokus".

New Artikel Objek Wisata Di Indonesia yang bisa dibaca pada link dibawah ini
Link https://maubergaya.blogspot.com/search/label/Objek%20Wisata%20Jalan-Jalan

Mungkin itu sedikit yang bisa saya bagikan tentang pengalaman naik gunung walaupun itu baru pendakian awal saya. Semoga kedepannya akan ada pendakian atau tantangan selanjutnya yang nantinya bisa saya bagikan lagi. Tetap sehat agar terus bisa jalan - jalan.

- Hormatilah Maka Kamu Akan Di Hormati Dalam Segala Hal -

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Tantangan Mendaki Taman Nasional Gunung Gede Pangrango Sampai Ke Puncak (Summit)" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.