ERP iDempiere: Pembuatan Invoice AR Berdasarkan Biaya Shipment + Pajak

ERP iDempiere: Pembuatan Invoice AR Berdasarkan Biaya Shipment + Pajak

Scope Artikel
Pembahasan kali ini akan mempelajari cara pembuatan Invoice (Account Receivble) berikut dengan biaya Pengiriman (Shipment) dan Pajak menggunakan system ERP iDempiere. 

Tutorial ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya yaitu "Peneranpan Shipment Pada System ERP iDempiere" yang dapat dibaca pada link berikut.

http://maubergaya.blogspot.com/2019/04/penerapan-shipment-pada-erp-idempiere.html

Didalam pembuatan Invoice AR terdapat informasi penjualan produk Kopi sebanyak 15 karton dengan biaya pengiriman iDR 2.000.000 dan dikenakan pajak 10%.

Untuk pembuatan invoice document AR masuk kedalam window invoice (customer). 
Didalamnya terdapat 5 tab, diantaranya:
Akan tetapi dalam pembuatan invoice document AR hanya akan menggunakan Tab Invoice Customer, Invoice Line dan Invoice Tax.

#1. Tab Invoice (Customer)
Masuk kedalam window invoice (customer), isikan field yang berwarna merah karena itu merupakan informasi yang wajib diisi (tidak boleh kosong).

Untuk field "Target Document Type" isi dengan AR Invoice, isikan juga field "Business Partner" dengan vendor bersangkutan (terkait shipment document), maka field yang lainnya akan terisi dengan otomatis.

Window Invoice (Customer)
Window Invoice (Customer)

Menu Tab Invoice
Menu Tab Invoice


#2. Tab Invoice Line
Sebagai tahap akhir untuk mengkonfirmasi pada tab invoice klik tombol "Creates Lines From" lalu pada menu shipment pilih nomor shipment document yang ingin diselesaikan.

Hal ini akan membuat informasi produk pada tab invoice line terisi secara otomatis. Proses ini akan membuat kecocokan (matching) document shipment dengan invoice (customer).

Yang artinya proses ini akan memberikan bukti dari dasar pembuatan invoice customer berdasarkan pengiriman barang atau shipment yang telah dibuat sebelumnya.

Invoice Creates Lines From
Invoice Creates Lines From

Menu Tab Invoice Line
Menu Tab Invoice Line

#3. Tab Invoice Tax
Tab ini akan meperlihatkan sebagai informasi pajak terhadap transaksi penjualan produk yang akan dibayarkan kepada pelanggan, sehingga dapat ditentukan total jumlah pembayaran yang akan diterima.

Untuk lebih jelas dapat dilihat pada field Tax Amount dan Tax Base Amount pada gambar dibawah ini.

Menu Tab Invoice Tax
Menu Tab Invoice Tax

Tab Payment Schedule jika pelangga ingin melakukan transaksi pembayaran secara bertahap sedangkan Tab Allocation hanya akan menampilkan transaksi yang sudah dilakukan, teralokasi dengan benar sehingga tidak terjadi kesalahan nantinya dalam melakukan pembayaran di system iDempiere.

Kenapa dalam beberapa transaksi perlu dilakukan matching? Karena dalam setiap transaksi baik itu penjualan maupun pembelian untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga perlu dilakukan matching document agar lebih mudah dalam melakukan penelusuran/ tracking.

Misalnya seperti matching invoice - shipment, material receipt - purchase, invoice - material receipt dan lain-lain.

Untuk itulah system ERP iDempiere dapat menangani proses tersebut dengan sangat baik.

Untuk menyelesaikan proses ini kembali pada Tab Invoice lalu klik tombol Document Action pilih complete pada menu dropdown lalu tekan tombol ceklist.  Hal ini akan membuat window invoice (customer) mejadi read only (tidak bisa diedit kembali).

Setelah langkah ini selesai dikerjakan tahap terakhir adalah proses pembayaran yang dapat dilakukan pada menu window Open Item.

Untuk artikel pembayaran dengan iDempiere dapat dibaca pada link berikut ini.
https://maubergaya.blogspot.com/2019/04/modul-pembayaran-dengan-idempiere.html

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "ERP iDempiere: Pembuatan Invoice AR Berdasarkan Biaya Shipment + Pajak" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.