Scope Artikel
Microsoft Excel mempunyai banyak fungsi yang dapat digunakan untuk mengolah data, fungsi tersebut antara lain: Sum, Avarage, Vlookup, Hlookup dan lain-lain.
Itulah yang membuat MS. Excel menjadi sangat canggih dan banyak diminati untuk mengolah data.
Pada contoh kali ini akan membahas cara menjumlahkan kolom "Data I + Data II" ( Gambar 1 ). Untuk menyelesaikannya cukup dengan menggunakan fungsi SUM.
Gambar 1. Fungsi SUM Antar Kolom |
Pada kolom "Jumlah ( Data I + Data II )" letakkan kursor pada C3 lalu ketikkan =SUM(A3;B3) dan tekan ENTER. Maka hasil yang ditampilkan 200, karena fungsi tersebut akan menjumlahkan data pada cells A3 dan B3.
Lalu bagaimana untuk mejumlahkan baris selanjutnya secara otomatis ?
Gambar 2. Sum Antar Kolom Otomatis |
Caranya sangat mudah, letakkan pointer pada cells C3 sehingga pointer berubah menjadi "+",
lalu Double Klik pada kotak yang terdapat pada cells tersebut. Lihat gambar 3 untuk lebih jelasnya.
Gambar 3. Menjumlahkan Baris Secara Otomatis |
Lalu baris - baris selanjutnya akan terisi secara otomatis dari penjumlahan kolom A dan B. Dengan cara seperti ini akan memudahkan dalam melakukan pejumlahan antar kolom dan baris dengan cepat tidak peduli seberapa banyak data yang harus dijumlahkan.
Semoga tutorial cara menjumlahkan kolom dan baris secara otomatis di Microsoft Excel sudah bisa bermanfaat.
Post a Comment