Dampak CPO Kuat Untuk Ekonomi Indonesia Yang Lebih Hebat


Perkebunan Kelapa Sawit
Perkebunan Kelapa Sawit
Scope Artikel:


Crude Palm Oil atau disingkat CPO ( Minyak Kelapa Sawit ) merupakan komoditas andalan yang membuat Indonesia menjadi produsen terbesar didunia. 

Hasil dari kelapa sawit merupakan bahan baku yang dibutuhkan untuk pembuatan minyak goreng, margarin, sabun, kosmetik sampai industri farmasi. Hebatnya lagi hampir tidak ada limbah/ sampah dalam pembuatan minyak sawit. 

Hal ini dikarenakan sisa dari kelapa sawit seperti serat, cangkang, batang, tandan dan pelepah bisa diolah menjadi kompos sebagai sumber energi biodiesel yang artinya banyak sekali kegunaan dari kelapa sawit yang dihasilkan.

Dampak Positif - Negatif Dari Perkebunan Kelapa Sawit Di Indonesia

Walaupun begitu banyak yang bisa dihasilkan oleh kelapa sawit sebagai bahan baku, tentu memiliki dampak positif maupun negatif dalam pelestarian perkebunan ini di Indonesia. Hal ini perlu juga dibahas agar dalam mengelola kelapa sawit di Indonesia dapat memiliki manajemen yang baik bagi lingkungan sekitar.

Dampak Negatif

  1. Secara umum pembuatan lahan kelapa sawit banyak dilakukan dengan "land clearing" ( tebang habis ) yang mengakibatkan mahkluk hidup didalamnya terganggu. Apalagi jika dilakukan dengan pembakaran hutan yang cukup lama, hal ini dapat meresahkan penduduk sekitar bahkan negara tetangga ( Malaysia & Singapura ).

  2. Kelapa sawit memerlukan penyerapan air yang sangat banyak hingga 12 liter/ pohon. Jika tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan kekeringan yang mempengaruhi lingkungan sekitar.

  3. Timbulnya konflik antara pekerja setempat dengan pekerja pendatang dan juga antara pemilik kebun dengan pemerintah setempat jika tidak disosialisasikan dengan baik.

Dampak Positif

  1. Tentu saja akan adanya pembangunan infrastruktur didaerah setempat yang pastinya pembangunan akses jalan dari perkebunan ke kota. Tentu akan mempengaruhi nilai ekonomi didaerah itu.

  2. Luasnya perkebunan sawit yang dikelola tentu saja akan memerlukan kebutuhan tenaga kerja yang banyak sehingga pendapatan per kapita daerah membaik.

  3. Sebagai bentuk kepedulian tehadap tenaga kerja perkebunan sawit seringkali pihak pengelola membangun pusat kesehatan untuk para pekerja sehingga pekerja dan warga sekitar pun dapat menikmati fasilitas tersebut.


Sebagai catatan tambahan untuk menunjang perekonomian Indonesia dibidang kelapa sawit, banyak juga perusahaan yang sudah Tbk ( IPO ) yang dimana kita sebagai orang muda Indonesia dapat juga berkontribusi dalam kemajuan ekonomi sawit di Indonesia melalui pasar modal ( saham ), pastinya dengan adanya hal tersebut akan sama-sama mendapatkan banyak menfaat.

Dengan memperhatikan dampak - dampak tersebut baik positif maupun negatifnya diharapkan  dapat memberikan edukasi kepada seluruh rakyat indonesia sehingga memperoleh dukungan dalam pertumbuhan sekaligus pengelolaan kelapa sawit agar semakin kuat untuk ekonomi Indonesia yang lebih hebat lagi dan pengaruhnya bagi dunia.

Salam
Sawit Kuat Indonesia Hebat
#BicaraSawit #SawitBaik

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Dampak CPO Kuat Untuk Ekonomi Indonesia Yang Lebih Hebat" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.