Pengalaman Backpacker Jakarta-Dieng: Explore Obyek Wisata Dieng (Wonosobo) Yang Buat Mau Balik Lagi !

Updated: 29 January 2020
Backpacker Jakarta-Dieng: Explore Obyek Wisata Dieng (Wonosobo) Yang Buat Mau Balik Lagi !
Yang Penting Ngopi Dulu (Coffee Shop Dieng)

Pembahasan:

Explore Obyek Wisata Di Dieng Dengan Backpackeran Dari Jakarta

Binggung mau backpackeran dari Jakarta ke Dieng ?. Kesempatan hari ini admin ingin berbagi pengalaman liburan akhir tahun perjalanan ke Negeri Atas Awan atau lebih dikenal dengan Desa Dieng (Wonosobo, Provinsi Jawa Tengah). 

Bagi penggemar backpacker saat libur panjang tiba destinasi ini sangat cocok untuk dikunjungi.

Karena selain teramat dinging banyak juga obyek wisata di Dieng yang didapat dijumpai (nanti akan dijelaskan). 

Untuk yang ingin melakukan perjalanan dari Jakarta, Bekasi atau sekitarnya dengan tujuan Dieng bisa dimulai dari terminal Kampung Rambutan atau Pulogebang dengan menaiki bus Murni Jaya, Sinar Jaya maupun Dieng Indah dengan kisaran harga tiker 100 - 120 ribu per orang.

Jika memulai dari terminal tersebut dengan bus yang disebutkan sebelumnya hanya membutuhkan sekali perjalanan saja dengan lama perjalanan 12 jam untuk sampai ke tujuan (terminal wonosobo).

Admin sendiri memulai perjalanan awal dari terminal Kampung Rambutan bersama 4 orang teman. 
Pemberhentian terakhir dari terminal tersebut merupakan terminal Wonosobo, lalu untuk sampai ke desa Dieng harus melanjutkan dengan mini bus, lama perjalanan kurang lebih 45 - 1,5 jam.

Sekedar info perjalanan mini bus tersebut juga melewati rute ke puncak Gunung Prau sebelum sampai ke Dieng, jadi yang suka haiking tidak perlu kahwatir untuk transportasinya jika sudah diterminal Wonosobo.

4 Objek Wisata Di Dieng Yang Dapat Dikunjungi (Admin Bersama 4 Orang Teman)?

  • Wisata Candi Arjuna


Wisata Candi Arjuna
Candi Arjuna

Obyek wisata terdekat setelah sampai di Dieng adalah Candi Arjuna. Bagi yang suka pemandangan alam dan candi sangat cocok untuk menikmati liburan ditempat ini ada juga museum sejarah dari Candi Arjuna. 

Tersedia juga spot foto untuk mengabadikan momen bersama. Untuk masuk kedalam lokasi Candi Arjuna diwajibkan membeli tiket Rp 10.000 - 15.000/ orang dan untuk setiap spot foto juga dipungut biaya Rp 5000/ orang jadi manfaatkan dengan maksimal ya jika sudah didalam lokasi tersebut.

  • Wisata Telaga Warna


Santai Telaga Warna (Pengilon)
Santai Telaga Warna (Pengilon)

Ngopi Telaga Warna (Pengilon)
Ngopi Telaga Warna (Pengilon)

Untuk obyek wisata berikutnya adalah Telaga Warna yang letaknya tidak jauh dari Candi Arjuna. Dilokasi Wisata Telaga Warna ini selain dapat menikmati pemandangan alam yang sejuk juga dapat menikmati pemandangan taman bunga yang tertata rapi. Untuk biaya tiket masuk dikenakan sekitar Rp 10.000 - 15.000/ orang.

  • Wisata Kawah Sikidang


Wisata Kawah Sikidang
Wisata Kawah Sikidang

Obyek berikutnya yang tidak kalah menarik adalah Kawah Sikidang. Didalam lokasi tersebut terdapat banyak kawah-kawah yang mengeluarkan asap dari dalam bumi disarankan tidak terlalu dekat ya demi kenyamanan liburan. 

New Artikel Objek Wisata lainnya di Indonesia, bisa dibaca pada link dibawah ini:
https://maubergaya.blogspot.com/search/label/Objek%20Wisata%20Jalan-Jalan

Lokasi spot fotonya juga banyak dan keren-keren yang dibuat oleh pemerintah setempat, jika beruntung ada penjual telor yang direbus langsung didalam air kawah oleh penduduk setempat yang dapat dibeli untuk melengkapi nikmantnya liburan. 

Untuk tiket masuk kedalam kawah dikenakan tarif Rp 10.000 - 15.000/ orang dan juga tarfi spot foto Rp 5.000/ orang.

  • Wisata Puncak Sikunir


Wisata Puncak Sikunir (Negri Atas Awan)
Wisata Puncak Sikunir (Negri Atas Awan)

Lokasi terakhir yang admin kunjungi adalah obyek wisata Puncak Sikunir. Lokasi ini terletak di Desa Sembungan yang tidak jauh dari Desa Dieng. 

Bagi yang ingin menikmati keindahan dari Golden Sunrise dipagi hari admin sarankan untuk muncak datang jam 4 pagi agar tidak kehilangan momen indah terbitnya matahari pagi. 

Soalnya untuk muncak dari bawah butuh waktu sekitar 30 - 45 menit dengan berjalan santai. Harga tiket masukpun sama dengan obyek wisata yang disebutkan sebelumnya sekitar Rp 10.000 - Rp 15.000/ orang. 

Admin juga sarankan sebelum muncak sebaiknya memakai baju hangat yang tebal karena jam pagi dilokasi tersebut sangat dingin dan anginpun bertiup kencang. Setelah menikmati Golden Sunrise  saat menuju kebawah pastinya banyak kuliner yang dapat dinikmati dengan harga yang relatif murah.

Sebenarnya masih banyak obyek wisata di Dieng yang dapat dinikmati seperti Dieng Plateau Theater, Batu Ratapan Angin dan lainnya tapi admin hanya explore ke 4 destinasi yang telah dijelaskan sebelumnya.

Admin sarankan sesampai dilokasi Wisata Dieng sebaiknya untuk menyewa motor karna walaupun tidak begitu jauh setiap obyek wisata kalo berjalan kaki pasti lemes, hehe. Biaya sewa motor disana sekitar Rp 75.000 - Rp 100.000/hari. 

Untuk para backpacker tidak perlu kahwatir untuk menikmati kuliner di Dieng maupun setiap obyek wisata disana karena harga yang disajikan cukup murah. 

  • Kuliner Khas Dieng

Makan dan minuman khas Dieng terkenal dengan Mie Ongklok dan Minuman Purwaceng, sedangkan untuk cinderamatanya Carica yang bisa menjadi oleh-oleh untuk dibawa pulang dimana Carica hanya tumbuh di Desa Dieng.

Itulah pengalaman yang bisa admin dibagikan tentang backpackeran ke Dieng dari Jakarta untuk mengexplore Obyek Wisata Di Dieng, keindahan alam dan ketenangan Desa Dieng bikin mau balik lagi.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Pengalaman Backpacker Jakarta-Dieng: Explore Obyek Wisata Dieng (Wonosobo) Yang Buat Mau Balik Lagi !" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.