CountIf - Menghitung Data Yang Sama Plus Format Text Di MS. Excel

Count If Plus Format Text
Count If Plus Format Text
Scope Pembahasan:

Konten Artikel:

Fungsi CountIf di Excel digunakan untuk menghitung jumlah data yang sama menggunakan kriteria  yang ditentukan. Dengan rumus ini akan memudahkan "user" dalam mencari tahu seberapa banyak jumlah datanya yang sama persis.

  • FUNGSI COUNT IF

Rumus Dasarnya:

=COUNTIF(Range;Criteria)

Range = Rentang Data Dikolom Yang Terdapat Pada Tabel Excel
Criteria = Acuan Dalam Mencari Jumlah Data Yang Sama

Pada cells yang ingin diisi ketikkan =COUNTIF(C$5:C$13;C5) setelah itu tekan Enter, jika angka yang diinginkan telah muncul drag ke bawah sesuai yang diinginkan. Agar lebih mudah memahami perhatikan gambar berikut.

Fungsi Count If
Fungsi Count If
Pada gambar terlihat data yang ingin dihitung untuk mendapatkan jumlah data yang sama terdapat pada kolom "MEREK" dengan Range C5 - C13. Dan data yang ingin diisi pada kolom "Jumlah Data Yang Sama"

Penambahan simbol $ pada fungsi tersebut bertujuan agar range yang dinginkan tidak berubah (static) dimana kriteria dimulai dari C5 (untuk kriteria tidak perlu diberikan simbol $ karena sifatnya dynamic).

  • COUNT IF PLUS FORMAT TEXT
Setelah berhasil mempelajari cara menghitung data yang sama dengan fungsi CountIf pastinya ingin juga mengetahui bagaimana menambahkan format text kedalam fungsi tersebut.

Rumus Dasarnya:

=COUNTIF(Range;Criteria)&" - Motor"

Sama seperti pada contoh sebelumnya dalam penggunaan fungsi ini, hanya saja perlu ditambahkan format &" - Motor" jika user menginginkannya. Perhatikan gambar berikut agar memudahkan dalam memahaminya.

Fungsi Count If Plus Format Text
Fungsi Count If Plus Format Text

Pada kolom "Count IF + Format Motor (Text)" angka - angka yang didapat dari penggunaan fungsi countif terjadi penambahan text menjadi 2 - Motor dimana angka "2" adalah jumlah data yang sama dengan format "- Motor".



Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "CountIf - Menghitung Data Yang Sama Plus Format Text Di MS. Excel" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.