Wajib Tahu ! Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan

Updated: 21 January 2020
Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan
Pentingnya Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan
Scope Pembahasan:


Konten Artikel:

Pentingnya kandungan dan manfaat dari buah jambu biji bagi kesehatan. Tulisan tentang buah jambu biji ini dituliskan oleh seorang yang mengerti benar tentang kesehatan namanya bapak Pt. Em. Kuasa Bukit. Bapak Pt. Em. Kuasa Bukit selalu menekankan pentingnya menjaga kesehatan.

Karena dijaman sekarang ini banyak yang belum paham betul bagaimana menjaga kesehatan tubuh. Tahunya nanti setelah sakit baru diobati ke dokter. Padahal kalau sudah kena penyakit tidak 100% (seratus persen) sembuh

Perlu diketahui bahwa kesehatan itu diperjuangkan karena itu bagian dari kehidupan. Oke berikut penjelasan tentang manfaat yang terkandung dalam buah jambu biji, dibaca dengan baik-baik ya.

Buah Jambu biji dewasa ini mudah kita dapatkan dipasar tradisional maupun kios – kios buah pinggiran jalan diseluruh Indonesia. Buah Jambu biji atau jambu klutuk ( Jawa ) , galiman ( Karo ) yang mengandung vitamin C yang sangat tinggi melebihi vitamin C dalam buah jeruk atau buah – buahan lainnya. 

Tiap 100 gram jambu biji mengandung 95 mg vitamin C, sedang dalam 100 gram jeruk kadar vitamin C-nya hanya 49 mg. padahal selama ini buah jeruk sudah digembor – gemborkan sebagai buah yang paling banyak mengandung vitamin C. 

Ada beberapa varietas jambu biji yaitu ada yang dagingnya berwarna putih, ada yang daging buahnya berwarna merah muda dan manis rasanya. Jambu biji atau jambu klutuk berbiji banyak dan keras dan inilah yang menimbulkan mitos bahwa biji jambu klutuk akan tinggal dalam usus buntu yang menyebabkan radang usus buntu. 

Namun tidak ada penelitian yang membuktikan kebenaran dari mitos itu. Buah Jambu biji jenis lain disebut jambu susu, yang dagingnya berwarna putih menyerupai warna susu, berbiji sedikit dan rasanya kurang manis.

  • APA SAJA KANDUNGAN DAN MANFAAT DALAM BUAH JAMBU BIJI ?

Manfaat yang terkandung dalam buah Jambu biji selain vitamin C yang tinggi, juga mengandung beberapa mineral yaitu kalium, zat besi dan fosfor, serat terutama pectin.

6 Kandungan zat gizi dalam 100 gram jambu biji
  1. Energi 49 kal 
  2. Kalium 14 mg
  3. Karbohidrat 12,2 g
  4. Zat besi 1,1 mg
  5. Vitamin C 95 mg
  6. Fosfor 28 mg
( Sjahmien Moehyi, Ahli Gizi )

Selain didalamnya terkandung beberapa zat gizi terutama vitamin C, buah jambu biji yang daging buahnya berwarna merah juga sumber kareteroid yaitu likopen. Senyawa filokimia ini berkhasiat sebagai antioksidan terhadap radikal bebas dan juga berfungsi menghambat proliferasi / multiflikasi sel. 

Dari beberapa jenis buah – buahan ternyata kandunga likopen dalam buah jambu biji adalah terbanyak sebagai terlihat dalam table berikut.

5 Kandungan likopen dalam beberapa jenis buah – buahan dan hasil olahannya per 100 gram.
  1. Jambu biji 5200 mcg
  2. Jus tomat 8600 mg
  3. Tomat segar 3100 mcg
  4. Saus tomat 6300 mcg
  5. Buah semangka 4100 mcg

  • KHASIAT DAN MANFAAT LAINNYA DARI BUAH JAMBU BIJI


- Menurunkan tekanan darah dan mengatur ritme denyut jantung.

Kandungan mineral kalium dalam buah jambu biji berfungsi memelihara ritme denyut jantung secara teratur, memelihara keseimbangan air dalam tubuh, merangsang kontraksi otot serta mengatur tekanan darah.

- Mencegah penyakit kanker

Kandungan vitamin C dan likopen yang tinggi dalam buah jambu biji berkhasiat sebagai antioksidan yang berpotensial sehingga menurunkan resiko kanker terutama kanker dalam saluran cerna dan kanker prostat.

- Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Menurut hasil penelitian Singh di Heart Research Laboratory, Medical Hospital and Research Centre, India, ternyata bila mengkonsumsi buah jambu biji secara teratur akan menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida secara signifikan 

Semoga artikel tentang kesehatan dengan mengkonsumsi jambu biji secara teratur bisa bermanfaat dan menambah wawasan pengetahuan dalam memelihara kesehatan anda dan saya.

Ingat!! Kesehatan itu pun diperjuangkan/ dijaga. Sayangi keluarga anda dengan tetap menjaga kesehatan.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Wajib Tahu ! Kandungan Dan Manfaat Buah Jambu Biji Untuk Kesehatan" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.
Labels:

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.