System Aplikasi Bill MoonSky Untuk Rental Alat Berat

Scope Article:

System ini dibuat khusus untuk menangani bisnis proses dibidang penyewaan alat berat. Walaupun demikian aplikasi ini tetap bisa dicostum untuk menyesuaikan proses bisnis yang dibutuhkan. 

System ini merupakan pengembangan dari platform Ms. Office yang terbuat dari VBA Makro (Excel) yang dirancang menjadi aplikasi desktop dengan menggunakan Database Access.

Untuk proses yang akan dijelaskan kali ini merupakan proses untuk modul billing/ tagihan dari alat yang disewakan ke customer. 

Pada modul ini terdapat 2 fitur yang dapat disajikan secara lengkap tentang pembuatan modul tagihan dari tiap transaksi alat yang disewakan, fitur tersebut antara lain Billing dan Billing Details.


  • Window Billing

Pada window ini informasi yang dapat diberikan adalah record Nama Dokumen, Jenis Alat, Informasi Penyewa dan Perusahaan sekaligus rangkuman dari jumlah dan sisa Jam Sewa Alat. Untuk lebih detailnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini:

Transaksi Window Billing
Gambar 1. Window Billing


  • Window Billing Details

Sedangkan Window Billing Details dapat memberikan informasi secara rinci terkait transaksi harian untuk jam operasional jenis alat yang digunakan oleh si penyewa. Lihat gambar untuk lebih lengkapnya:

Gambar 2. Window Billing Details

  • Fitur Modul Billing Pada System MoonSky Yang Tak Kalah Penting

Untuk kelebihan lainnya dari modul ini, system akan memberikan peringatan terhadap jumlah jam sewa transaksi tiap alat dari total jam yang disewakan. 

Dalam hal ini system disetting kurang dari 20 jam maka system akan memberikan notifikasi bahwa masa sewa alat akan habis.

Hal ini akan memudahkan perusahaan pemilik rental untuk memonitor jam operasional alat berat yang dimiliki untuk diinformasikan kepada penyewa. 

Fitur lainnya agar memudahkan untuk mendapatkan informasi sisa jam sewa dengan adanya icon "Bullet"  yang terdiri dari 3 warna antara lain: merah, hijau dan kuning pada sisi kiri system pada tab billing yang memiliki arti sebagai berikut (lihat Gambar 1 Window Billing):

Notify Bullet Green
Bullet Green

Alat Sedang Beroperasi Normal


Notify Bullet Red
Bullet Red

Alat yang diSewakan sudah habis untuk Jam Sewa


Triangle Yellow

Masa Sewa Alat kurang dari 20 Jam



  • Fitur "Return Asset" Pada Modul Billing

Untuk kelebihan dari system aplikasi ini tentu masih ada yakni fitur "Return Asset". Fungsi ini dapat dilihat pada kolom remaining time pada tab billing. 

Jika Angka sudah 0 (nol) akan memberikan informasi bahwa alat yang disewakan sudah habis akan tetapi belum kembali ke pool/ site

Sedangkan Angka -1 (minus satu) menandakan alat yang disewakan sudah kembali ke pool/ site dan telah diterima kembali oleh pemilik perusahaan.


Untuk menggunakan aplikasi MoonSky dapat menghubungi kami melalui link berikut:
Informasi Kotak https://maubergaya.blogspot.com/2015/08/contact-us.html 

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "System Aplikasi Bill MoonSky Untuk Rental Alat Berat" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.