Memperbaiki Kerusakan Windows Tanpa Install Ulang Pada Win 10

Repair Windows 10 With CMD
Repair Windows 10 With CMD

Bagi pengguna Windows 10 mungkin pernah mengalami lambatnya kinerja Windows dikarenakan kerusakan beberapa file system atau hilang

Hal itu bisa disebabkan virus, komputer atau laptop yang dimiliki tiba-tiba mati sehingga sewaktu direstart muncul layar biru dan menyebabkan lambatnya proses booting maupun kinerja windows.

Contens:

Untuk itu tidak perlu kahwatir, hal itu bisa diperbaiki tanpa harus install ulang windows. Kemajuan windows yang begitu cepat telah memiliki kemampuan yang canggih untuk memperbaiki dirinya sendiri melalui beberapa perintah yang dapat dijalankan dengan menggunakan CMD.

Langkah-Langkah Memperbaiki Kerusakan System Pada Windows 10

  • Error Blue Screen Of Death (BSOD)

Jika saat melakukan booting window lalu layar berubah menjadi biru atau biasa dikenal Blue Screen Of Death, itu dikarenakan adanya kesalahan terhadap pengaturan system memory management. Hal ini sudah pernah dibahas pada tutorial sebelumnya "Cara Mengatasi Bad System Config Info"

  • Menjalankan Perintah SFC

System File Checker
System File Checker

System File Checker (SFC) Fungsi ini bertujuan untuk memeriksa semua file yang terdapat didalam windows dan mengganti file yang rusak maupun hilang dengan file yang baru. 

Untuk menjalankan perintah ini pada pencarian windows ketikan CMD lalu Run As Administrator kemudian ketik perintah SFC /Scannow, Biarkan sampai proses selesai 100%.

  • Menjalankan Perintah DISM (3 Tahap)

Perintah DISM
Command DISM


Untuk melakukan perbaikan pada system windows agar lebih sempurna setelah melalukan SFC dilanjutkan dengan perintah DISM.

Fungsi ini sendiri sangat berguna untuk memperbaiki gambar dan pengaturan pada windows. Terdapat 3 tahapan untuk menjalankan peritah ini yaitu Check, Scan dan Restore.

Jalankan CMD dengan mode Run As Administrator lalu jalankan langkah 1 - 3 dengan perintah dibawah ini:

  1. DISM /Online /Cleanup-Image /CheckHealth
  2. DISM /Online /Cleanup-Image /ScanHealth
  3. DISM /Online /Cleanup-Image /RestoreHealth

Selesaikan ketiga tahapan tersebut satu per satu dan biarkan sampai 100% untuk tiap tahapnya, perintah ini pun mampu untuk mengatasi error windows seperti "Thread Stuck in Device Driver".

Rekomendasi Artikel: "Anti LEMOT, 9 Cara Mempercepat StartUp dan Kinerja Windows 10"


Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Memperbaiki Kerusakan Windows Tanpa Install Ulang Pada Win 10" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.