Rumus CountA Untuk Menghitung Cell Yang Terisi Di Excel

Fungsi Counta
Fungsi CountA

Scope Artikel:

Aplikasi Excel yang begitu powerfull memiliki banyak fungsi yang dapat digunakan dengan mudah untuk para user dalam menyelesaikan berbagai masalah terutama dalam pendataan maupun perhitungan dengan cepat.

Dalam contoh kasus kali kita akan menyelesaikan untuk cara menghitung cell yang terisi (teks atau angka) pada suatu kolom dengan menggunakan rumus atau fungsi CountA di Excel.

Agar mudah dalam menggunakan fungsi ini sebaiknya perlu memahami sintak dari CountA, Berikut Sintaks-nya:

=COUNTA(value1;value2; dst.....)

Details

value1;value2; dst..... = Range Pada Kolom Yang Akan Dihitung Jumlah Cell Terisi (Yang Tidak Kosong)

Pada gambar dibawah ini kita memiliki data dengan kolom "Nama" dan "Kesukaan (Buah)", yang dimana pada kolom Kesukaan (Buah) terdapat beberapa data dan masih ada cell yang kosong (Berwarna Kuning).

Menghitung Jumlah Cell Kosong
Menghitung Jumlah Cell Yang Terisi


Kita ingin mengetahui berapa jumlah cell yang masih terisi dengan cepat pada kolom tersebut. Pada cell A11 ketikkan rumus =COUNTA(B2:B7) setelah itu tekan Enter maka akan menampilkan data dengan jumlah 3 seperti yang terlihat pada gambar dibawah ini:

Hasil Dari Rumus CountA
Hasil Dari Rumus CountA

Telihat pada gambar diatas kita mendapatkan data dengan cell yang masih terisi teks berjumlah 3 data dan masih terdapat 3 cell yang kosong. 

Jika kamu memiliki lebih dari 1000 data dengan contoh kasus seperti ini, fungsi CountA dapat membantu kamu dengan cepat tanpa harus menghitung secara manual. Untuk Tutorial Excel lainnya bisa baca pada link berikut.....


Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang " Rumus CountA Untuk Menghitung Cell Yang Terisi Di Excel" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.