Aplikasi Produksi, Stok Dan Penjualan Barang Dagangan Berbasis VBA Excel

Daftar Isi:

Proses Produksi merupakan kegiatan untuk menghasilkan barang dagangan yang akan dijual. Tentunya didalam memproduksi suatu barang terdapat beberapa komponen bahan baku (Raw Material) yang diperlukan untuk diteruskan menjadi barang jadi(Finished Goods)/ siap jual.

Proses memproduksi barang pastinya memerlukan catatan yang mendetail karna akan menyangkut juga pada jumlah stock persediaan digudang dan biaya dari bahan baku itu sendiri yang nantinya akan menentukan harga jual terhadap barang yang diproduksi.

Aplikasi ini pastinya dapat sangat membantu dalam menangani hal-hal tersebut.

Dashboard

Pada fitur merupakan infromasi "realtime" dari transaksi terhadap jumlah persediaan (stok), penjualan, bahan baku barang yang digunakan, perbandingan antara penjualan dan pembelian dalam bentuk chart dan activity lainnya.

Dashboard
Dashboard

Form Produk

Di form ini tempat untuk mendaftarkan atau mengisi nama-nama produk yang kita miliki, baik itu produk bahan baku, produk jadi mau services.

Display List Produk
Display List Produk

Input Daftar Produk
Input Daftar Produk

Form Production

Pada form ini lah tempat untuk melakukan proses produksi barang yang akan dijual. Caranya pun sangat mudah, centang tab "Production" kemudian isikan nama produk jadinya, 

setelah itu pindah tab "Line" untuk mengisi produk bahan baku yang merupakan komposisi dari produk jadi. Tekan tombol "Proses", secara otomatis jadilah 1 produk yang akan dijual.

Secara otomatis juga jumlah stok persediaan barang untuk bahan baku (Raw Material) berkurang berdasarkan komposisi yang sudah didaftarkan sebelumnya dan bertambah pada produk jadi (Finished Goods).

Display List Produksi
Display List Produksi

Form Input Produksi
Form Input Produksi

Form Komposisi Produksi
Form Komposisi Produksi

Form Sales

Di Form ini tempat untuk melakukan transaksi jual terhadap produk yang dimiliki. Produk yang terjualjuga akan langsung mengurangi jumlah stok pada persediaan barang. 

Framework dari transaksi sales, 1 dokumen sales bisa untuk banyak produk yang akan dijual.

Display Transaksi Penjualan
Display Transaksi Penjualan

Form Input Transaksi Penjualan
Form Input Transaksi Penjualan

Input Transaksi Detail Penjualan
Input Detail Penjualan

Fitur Report & Invoice

Aplikasi ini pun juga sudah memiliki fitur untuk membuat rekap laporan penjualan yang bisa disesuaikan berdasarkan kriteria tertentu seperti periode dan jenis dokumen maupun nama pelanggan.

Dan satu lagi fitur untuk membuat nota/ invoice jika diperlukan sebagai bukti transaksi penjualan kepada pelanggan.

Laporan Rekap Penjualan
Laporan Rekap Penjualan

Nota/ Invoice
Nota/ Invoice

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang " Aplikasi Produksi, Stok Dan Penjualan Barang Dagangan Berbasis VBA Excel" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.