ERP iDempiere: Penerapan Penjualan & Pajak Penjualan

Scope Artikel:

Tutorial kali ini akan membahas cara melakukan penjualan (sales order) dengan pajak penjualan menggunakan system ERP iDempiere.

Jumlah pajak yang dikenakan kepada customers dalam penjulan ini sebesar 10%. Didalam menu window sales order terdapat 4 tab, antara lain:
  1. Order
  2. Order Line
  3. Order Tax
  4. Payment Schedule
Untuk melakukan transaksi penjualan pada system iDempiere perhatikan langkah dibawah ini.

#1. Tab Order
Merupakan kumpulan informasi customers yang ingin membeli produk. Informasi yang disajikan diantaranya alamat, status dokumen, harga, total harga, grand total dll. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.

Menu Tab Order
Menu Tab Order

#2. Tab Order Line
Pada menu tab order line disinilah jenis dan jumlah produk yang akan dilakukannya penjualan. Pada contoh gambar produk yang dijual kepada customer merupakan kopi dengan quantity 15 karton. 

Dimana dalam 1 karton terdapat 50 quantity masukkan juga pajak sebesar 10%. System akan menjumlahkan secara otomatis total harga + pajak yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Menu Order Line
Menu Order Line

#3. Tab Order Tax
Pada tab ini merupakan informasi jumlah pajak yang dikenakan dari proses penjualan produk yang sudah kita lakukan sebelumnya yang dimana system telah memprosesnya secara otomatis.

Sehingga dapat ditentukan jumlah harga (grand total) yang harus dibayar oleh customers. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini. 

Menu Order Tax
Menu Order Tax

Untuk transaksi ini admin tidak melakukan proses payment schedule terlebih dahulu.

Setelah melakukan langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya kembali ke tab order lalu lakukan complete document dengan meng-klik tombol "Document Action".

Jika proses ini sudah dilakukan dengan bener maka menu tab order akan berubah menjadi "read only" atau hanya bisa dibaca tidak bisa lagi diedit.

Setelah proses ini selesai dengan benar barulah bisa dilakukannya proses shipment. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan dikolom komentar.

Proses shipment dapat dibaca pada artikel dibawah ini.
https://maubergaya.blogspot.com/2019/04/penerapan-shipment-pada-erp-idempiere.html

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "ERP iDempiere: Penerapan Penjualan & Pajak Penjualan" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.