Penerapan Shipment Pada ERP iDempiere

Penerapan Shipment Pada ERP iDempiere

Scope Artikel
Untuk melakukan proses shipment pada system ERP iDempiere anda harus menyelesaikan proses sales order terlebih dahulu, yang dapat dibaca pada link berikut ini.


Tutorial kali ini akan mempelajari cara penerapan shipment yang merupakan proses dari menghantarkan barang/ produk sampai ke pelanggan (customers).

Untuk menyelesaikan proses ini akan ada 2 tab yang harus dikerjakan, diantaranya adalah tab:
  1. Shipment
  2. Shipment Line

Berikut langkah cara melakukan proses shipment pada system iDempiere;

#1. Tab Shipment

Untuk menjalankan proses ini masuk pada window Shipment (customer) lalu isikan field document type, business partner dan order, Dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Jangan lupa juga tulisan yang berwarna merah artinya field tersebut wajib diisi.

Menu Tab Shipment (Customer)
Menu Tab Shipment (Customer)

#2. Tab Shipment Line

Setelah ini masuk pada tab Shipment Line, isikan field sales order line. Ini akan membuat field yang lainnya terisi secara ototmatis. Sesuai acuan dari case sebelumnya yaitu Penerapan Penjualan dan Pajak Penjualan. Perhatikan gambar dibawah ini agar lebih jelas.

Menu Tab Shipment Line
Menu Tab Shipment Line

Setelah melakukan dengan benar proses ini kembali pada tab Shipment lalu lakukan complete document sebagai menandakan proses ini telah selesai dilakukan, hal ini mengakibatkan tab shipment akan menjadi read only.

Untuk melakukannya tekan icon Gear >>> Document Action pilih Complete pada menu lalu klik tombol ceklist. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Menu Complete Document
Menu Complete Document

Hal ini akan membentuk informasi akunting dari bisnis proses shipment yang dapat dilihat setelah menekan tombol posted.

Shipment Akunting
Shipment Akunting
Cara ini merupakan cara manual untuk melakukan proses shipment document pada system ERP iDempiere.

Jika kita memiliki banyak documents shipment tentu akan memakan waktu yang lama, untuk melakukannya dengan cepat bisa dilakukan pada menu Generate Shipment.

Pada menu tersebut dapat menghasilkan documents shipment secara otomatis. Berikut detail gambarnya.

Menu Shipment Massal
Menu Shipment Massal
Jika proses ini sudah dilakuka dengan benar, untuk tahap selanjutnya bisa dilakukan proses invoice sebagai tagihan pembayaran kepada pelanggan (Customers).

Proses invoice transaksi penjualan dapat dibaca pada artikel (link) berikut ini.
https://maubergaya.blogspot.com/2019/04/erp-idempiere-pembuatan-invoice-ar.html

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Penerapan Shipment Pada ERP iDempiere" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.