Setelah menyelesaikan proses Invoice AP, transaksi selanjutnya masuk ke proses pembayaran pada system iDempiere.
Bagi yang belum membaca tentang pembuatan invoice untuk pembayaran kepada vendor dapat dilihat pada artikel berikut:
Pembuatan transaksi modul pembayaran di iDempiere dilakukan berdasarkan Invoice AP, tujuannya agar lebih mudah melacak setiap transaksi yang terjadi.
Untuk menyelesaikan proses ini masuk ke menu Open Items lalu pilih Payment. Maka akan dihadapkan pada window payment (lihat pada gambar).
Untuk menyelesaikan proses ini masuk ke menu Open Items lalu pilih Payment. Maka akan dihadapkan pada window payment (lihat pada gambar).
Didalam Window Payment akan terdapat 3 tab, antara lain:
- Payment
- Allocate
- Allocations
Namun dalam proses ini hanya akan menggunakan tab payment saja.
#1. Tab Payment
Setelah masuk, isikan field Document Type "AP Payment", lalu isi field Invoice dengan nomor invoice pada transaksi sebelumnya, maka field lainnya akan terisi secara otomatis. Jangan lupa untuk mengisis pada field Bank Account pada menu dropdown yang telah tersedia, setelah itu tekan tombol "Save" ( lihat gambar agar lebih jelas ).
Window Payment |
Langkah terakhir klik pada tombol "Gear" kemudian klik pada tombol "Document Action", maka akan muncul popup.
Lalu pada field document action pilih "Complete" lalu klik tombol "Ceklist", maka akan terbentuk document account payable ( lihat gambar agar lebih jelas ).
Document Action |
Complete Document |
Untuk melihat jurnal akunting dapat dengan menekan tombol "posted" pada bagian bawah form. Ini merupakan proses akhir dalam modul pembelian dengan menggunakan system iDempiere. Semoga artikel ini dapat membantu.
Post a Comment