Pembuatan Invoice ( Vendor ) Berdasarkan MR Dan Pajak Di iDempiere

Pembuatan Invoice ( Vendor ) Berdasarkan MR Di iDempiere

Scope Artikel

Pembahasan ini merupakan proses pembuatan invoice vendor sebagai bukti pembayaran kepada client terkait material receipt yang telah dibuat pada artikel sebelumnya. Yang dapat dibaca pada link berikut.

"Proses Pembuatan Material Receipt Berdasarkan Purchase Order"

System iDempiere mendukung proses transaksi pembuatan invoice vendor berdasarkan document material receipt. Yang berfugsi sebagai bukti document invoice terhadap barang yang telah dibeli dan diterima oleh perusahaan.

Untuk menjalankan proses transaksi ini, masuk ke menu Invoice ( Vendor ). Maka akan dihadapkan pada window yang tersedia. Untuk lebih detailnya lihat pada gambar.

Menu Invoice ( Vendor )
Menu Invoice ( Vendor )

Didalam window ini akan banyak terdapat tab, namun pada kasus ini tab yang digunakan antara lain:
  1. Invoice
  2. Invoice Line
  3. Invoice Tax

#1. Tab Invoice
Pada tab ini, isikan field "Target Document Type" dengan AP Invoice dan "Business Partner" dengan nama perusahaan yang terkait pada material receipt, maka itu field lainnya akan terisi secara otomatis.

Setelah itu klik pada tombol "Create Lines From" yang berfungsi sebagai validasi antara document invoice dan material receipt. Maka document matching akan terbentuk secara otomatis. Lihat gambar untuk lebih detailnya pada proses ini.

Transaksi Invoice
Transaksi Invoice
Validasi Invoice ( Vendor ) - MR
Validasi Invoice ( Vendor ) - MR


#2. Tab Invoice Line
Setelah melakukan validasi pada proses pertama tadi, pada tab invoice line akan terisi secara otomatis informasi yang dibutuhkan sesuai MR.

Tab invoice line merupakan form untuk melihat detail dari jenis dan jumlah produk pada document transaksi invoice. Berikut detail gambarnya.

Tab Invoice Line
Tab Invoice Line


#3. Tab Invoice Tax
Tab ini hanya akan menyajikan informasi detail pajak dari transaksi terhadap pembelian produk oleh perusahaan. Dalam hal ini jumlah pajak yang dikenakan sebesar 10% ( lihat gambar untuk lebih detailnya ).

Tab Invoice Tax
Tab Invoice Tax

Untuk menyelesaikan proses ini kembali ke form invoice. Cari dan tekan tombol "gear" kemudian tekan lagi pada tombol "Document Action", pada popup document action pada menu pilih "Complete" lalu tekan tombol Ceklist. Bisa lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Document Action
Document Action

Complete Document
Complete Document


Jika proses ini sudah dilakukan dengan benar maka pada window ini otomatis akan berubah menjadi read only, yang artinya tidak dapat dilakukan edit pada document ini.

Untuk tahap selanjutnya baru dilakukan pembayaran pada menu payment yang dapat dibaca pada artikel " Modul Transaksi Pembayaran Dengan iDempiere Berdasarkan Invoice AP ".

Link https://maubergaya.blogspot.com/2019/05/modul-transaksi-pembayaran-dengan.html

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Pembuatan Invoice ( Vendor ) Berdasarkan MR Dan Pajak Di iDempiere" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.