Tutorial iDempiere: Transaksi Pembelian dan Pajak

Tutorial iDempiere: Transaksi Pembelian dan Pajak

Scope Artikel

Tutorial kali ini akan membahas cara melakukan pembelian menggunakan system ERP iDempiere. Untuk melakukan hal tersebut masuk pada menu window Purchase Order (lihat pada gambar dibawah)

Window PO
Window PO

Pada window PO akan terdapat banyak "tab" tetapi dalam kasus ini untuk melakukan pembelian hanya akan menggunakan tab Purchase Order, PO Line dan Order Tax.
  1. Purchase Order
  2. PO Line
  3. Order Tax
Artikel Tambahan: Daftar Modul Proses Penjualan Dengan ERP iDempiere

#1. Tab Purchase Order

Setelah masuk pada window PO isikan informasi yang dibutuhkan untuk transaksi pembelian. Pada field Target Document Type pilih Purchase Order, Business Partner dengan vendor terkait dan Warehouse pada menu tersedia.

Maka field yang lainnya akan terisi secara otomatis. setelah itu masuk pada tab PO Line. Untuk detailnya langkahnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Tab Purchase Order
Tab Purchase Order


#2. Tab PO Line

Pada tab ini, isikan informasi produk yang ingin dilakukannya transaksi pembelian dan jumlah produk yang dibeli. Dalam hal ini satuan untuk pembelian menggunakan karton dimana dalam 1 karton terdapat 50 pcs.

Untuk field price akan terisi secara otomatis yang merupakan harga beli produk tersebut. Dan jangan lupa juga untuk mengisi field tax

System iDempiere akan menjumlahkan biaya yang harus dibayar secara otomatis. Berikut gambar detailnya.

Tab PO Line
Tab PO Line


#3. Tab Order Tax

Tab ini akan memberikan informasi jumlah pajak yang akan dikenakan kepada perusahaan yang melakukan transaksi pembelian. Perhatikan gambar dibawah agar lebih jelas.

Tab Order Tax
Tab Order Tax

Untuk menyelesaikan proses ini kembali ke tab purchase order cari icon "gear" lalu klik pada tombol tersebut kemudian klik pada Document Action, maka akan tampil window popup.

Complete Document PO
Complete Document PO


Pada field document action pilih "Complete" lalu tekan tombol "Ceklist". Ini menandakan proses pembelian dengan menggunakan system ERP iDempiere telah selesai dilakukan.

Setelah proses ini dilakukan untuk langkah selanjutnya adalah Material Receipt.

Artikel Pembuatan Material Receipt Berdasarkan Purchase Order Pada System iDempiere
https://maubergaya.blogspot.com/2019/05/pembuatan-mr-idempiere-berdasarkan-po.html

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Tutorial iDempiere: Transaksi Pembelian dan Pajak" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.