Fungsi Vlookup Pada Microsoft Excel |
Scope Artikel:
Rumus vlookup merupakan fungsi pada microsoft excel yang digunakan untuk mencocokkan data dari tabel sumber secara vertikal. Penggunaan rumus ini sangat sederhana, untuk sintaknya pada fungsi ini sebagai berikut;
" =vlookup(kreteria, tabel sumber, nomor kolom refrensi, false) "
kreteria = nilai kunci pencarian
tabel sumber = data yang menjadi acuan
nomor kolom refrensi = nilai kolom yang terdapat pada tabel sumber/ acuan
false = nilai excat match (kecocokan nilai)
Sebagai latihan dalam menggunakan fungsi vlookup di microsoft excel, perhatikan contoh dibawah ini:
Kita memiliki 2 tabel, yaitu "Tabel Motor" dan "Tabel Harga" di sheet1.
Pada tabel motor data yang ingin kita cari atau cocokkan adalah kolom harga. Dimana nilai harga sudah terdapat pada tabel harga.
Untuk cara mengisinya pada cells D4 ketikkan "=VLOOKUP(C4;$B$16:$C$19;2;FALSE)" tanpa tanda petik, selanjutnya tekan ENTER.
Maka akan muncul nilai berdasarkan pada tabel harga tersebut. Fungsi $ pada rumus ini berguna untuk mengabsolutkan agar ketika didrag kebawah tidak terjadi error. Untuk lebih jelasnya lihat pada Gambar 1.
Gambar 1. Fungsi Vlookup Pada Sheet1 |
Fungsi Rumus Vlookup Dengan Beda Sheet
Penggunaannya tidak jauh berbeda pada contoh sebelumnya, hanya saja "tabel sumber" terdapat pada sheet2 yaitu "Tabel CC". Pada "Tabel Motor" disheet1 kolom selanjutnya yang ingin diisi adalah kolom CC.
Ketikkan dicells E4 "=VLOOKUP(C4;Sheet2!$B$3:$C$6;2;FALSE)" tanpa tanda petik setelah itu tekan ENTER. Setelah nilai yang dinginkan muncul drag kebawah pada kolom CC untuk memunculkan seluruh nilainya. Lihat Gambar 2 agar lebih jelas.
Gambar 2. Vlookup pada sheet2 (Berbeda Sheet) |
Gambar 3. Vlookup Pada sheet2 Tabel CC |
New - Tutorial Excel yang anda dapat baca pada link berikut:
Link https://maubergaya.blogspot.com/search/label/Tutorial%20MS.%20Excel
Kesimpulannya, rumus vlookup pada ms. excel bisa dilakukan dengan mudah baik dalam 1 sheet maupun disheet yang berbeda tanpa harus menemukan kesulitan.
Semoga tutorial excel yang sederhana dan singkat ini dapat membantu baik dalam tugas sekolah, kuliah maupun didunia pekerjaan.
Tutorial lainnya terkait microsoft excel "Penjumlahan Antar Kolom dan Baris Secara Otomatis Dengan MS. Excel"
Post a Comment