Menjumlahkan "Qty" Berdasarkan Data Yang Sama Dengan Banyak Kriteria Pada Excel

Updated: 08 Desember 2019
Counting With Criteria - Mejumlahkan Dengan Banyak Kriteria Pada Excel
Counting With Criteria - Mejumlahkan Dengan Banyak Kriteria Pada Excel
Scope Pembahasan:


Kini saatnya akan membahas rumus untuk fungsi SumIf yang terdapat pada Microsfot Excel. Berbeda dengan CountIf yang fungsinya hanya untuk menghitung berapa jumlah data yang sama.

Sedangkan fungsi SumIf digunakan untuk menghitung atau menjumlahkan Qty berdasarkan 2 kriteria atau lebih (banyak kriteria).

Misalnya kita memiliki data pembelian terhadap produk dalam kurun waktu 3 hari berturut - turut dengan nama barang yang sama dan jumlah yang berbeda.

Sebagai contoh pembelian produk Bedak sebanyak 10 qty dihari pertama, 5 qty hari kedua dan 7 qty dihari ketiga, lalu data yang ingin didapatkan adalah total pembelian barang selama 3 hari adalah 22 qty. Rumus SumIf inilah yang digunakan untuk mengatasi hal tersebut.

Rumus SUMIF Menghitung "Qty" Berdasarkan 2 Kriteria Atau Lebih Banyak Kriteria Pada Data Yang Sama


Rumus dasarnya

=SUMIF(range;criteria;[sum_range])

range = rentang data pada tabel
criteria = kriteria tertentu yang ingin didapatkan total nilainya
sum_range = rentang data yang ingin dijumlahkan berdasarkan kriteria

Untuk memudahkan pemahaman dalam penggunaan fungsi ini bisa disimak contoh kasus dibawa

Tabel Entry dan Stock Produk
Tabel Entry dan Stock Produk
Pada "Tabel Entry dan Stock Produk" terdapat 3 jenis barang dengan qty 0 pada Stock Product, itu karna pada tabel Entry Product tidak terdapat transaksi jumlah pembelian dari tiap - tiap jenis barang.

Ketika ingin menuliskan jumlah barang yang terdapat pada entry product misalnya dengan Produk Bedak 10 (pembelian pertama),

pada pembelian ke dua dengan 5 untuk produk bedak dan lipstik 7 & 8 pada pembelian pertama dan kedua dan seterusnya,

maka hasil yang dinginkan pada tabel stock produk akan menjumlahkan secara otomatis total penjumlahan barang pada pembelian pertama dan kedua baik itu produk bedak maupun lipstik.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat pada gambar dibawah ini

Menjumlahkan Data Secara Otomatis Dengan Fungsi SumIf
Gambar SumIf Otomatis Dengan Kriteria "Kode Barang"

Pada "Gambar SumIf Otomatis Dengan Kriteria (Kode Barang)" di tabel Stock Product pada kolom "Qty" tuliskan rumus =SUMIF(A:C;E3;C:C) lalu tekan Enter. 

Setelah itu "drag" atau tarik kebawah sampai baris yang diinginkan. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan kriteria berdasarkan yang kita tentukan, dalam hal ini kriteria merupakan Kode Barang yang terdapat pada tabel Stock Product.

Dengan menggunakan cara seperti ini, untuk menginputkan nama barang selanjutnya maka akan secara otomatis menjumlahkan Qty pada setiap transaksi berikutnya yang terdapat ditabel Stock Product.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Menjumlahkan "Qty" Berdasarkan Data Yang Sama Dengan Banyak Kriteria Pada Excel" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.