Strategi Jitu Saat Trading Saham Di Pasar Modal

Dalam melakukan aktivitas trading saat bermain saham perlu melakukan banyak perencanaan dikarenakan kegiatan ini penuh dengan resiko.

Kemungkinan loss jauh lebih tinggi daripada meraih profit karena inventasi dengan cara trading dilakukan dengan jangka pendek.

Yang artinya seorang trader ingin meraih profit besar kurang dari satu bulan atau bahkan satu minggu. Mungkin bagi yang sudah berpengalaman itu bisa diraih, tetapi bagaimana dengan traders pemula?

Apalagi traders pemula merupakan "makanan empuk" saat bermain saham. Landasan berpikirnya sederhana karena ingin cepat kaya, faktanya tidak!. 

Tidak ada jalan pintas untuk mendapat profit besar didalam saham agar meraih kekayaan dengan cepat.


Strategi Bermain Saham Saat Trading
Strategi Bermain Saham Saat Trading

Lalu strategi apa yang perlu dilakukan agar meminimalisir kerugian dan meraih profit saat melakukan trading ?

Hal yang perlu dilakukan memahami analisis teknikal dan fundamental, artikel tersebut bisa dibaca pada link diatas yang berjudul "Pengalaman Buruk Trading Saham Di Market".

Dan sebagai tambahan setelah membaca artikel yang disebutkan sebelumnya agar semakin jitu dalam mengambil keputusan, perlu juga memahami grafik pergerakan harga, volume dan stochastic.

3 Indikator ini menjadi hal yang sangat penting dalam menjalankan strategi saat melakukan trading saham di pasar modal.

Dengan memahami ketiga indikator tersebut traders dapat dengan mudah dalam mengambil keputusaan dengan tepat kapan waktu untuk membeli maupun untuk menjual saham yang dimiliki.

Pentingnya Memahami Pergerakan Harga, Volume dan Stochastic Dalam Meraih Profit

Sebelum memutuskan untuk membeli atau menjual suatu saham penting untuk memahami pola pergerakan harga. Katakanlah kita ingin melihat pergerakan harga dalam waktu 1 tahun pada emiten tertentu.

Lihat apakah harga dalam posisi uptrend atau downtrend. Ingat jangan pernah melawan dan memaksakan arus pergerakan harga saat trading. Jika dalam posisi downtrend rencanakan maksimal 2 - 3% dalam mengambil profit,

Gambaran Pola Downtrend Price
Gambaran Pola Downtrend Price


sedangkan dalam posisi uptrend rencanakan profit 5 - 10%. Standard dalam perencanaan meraih profit itu penting dalam mendapatkan keuntungan baik dalam kondisi uptrend maupun downtrend.

Gambaran Pola Uptrend Price
Pola Uptrend Price


Begitu juga perlu memahami grafik pergerakkan volume saat bermain saham. Volume pada saat transaksi saham penting untuk diketahui,

Volume Pergerakan Saham
Volume Pergerakan Saham

karena volume saat melakukan trading menggambarkan banyaknya jumlah jual beli pada suatu emiten. Besar kecilnya volume saat transaksi saham sedang berjalan mempengaruhi pergerakkan harga dikemudian hari.

Dan perlu diingat, kenaikan maupun penurunan harga disertai volume yang tinggi pada saat transaksi jual beli yang sedang berjalan dapat merubah arah gerak harga.

Indikator Pergerakkan Stochastic
Pergerakkan Stochastic


Memahami pergerakkan stochastic tidak kalah penting, dengan bisa membaca pola pergerakkan indikator ini, dengan mudah kita dapat melihat perubahan gerak harga yang akan terjadi.

Indikator stochastic dapat menggambarkan kondisi pasar saham apakah sedang jenuh jual atau beli. 3 indikator tersebut dapat menjadi jurus jitu yang ampuh pada saat aktivitas trading saham di pasar modal jika dikombinasikan.

Dengan mempelajari dan memahami dengan benar ketiga indikator tersebut sudah menjadi modal awal yang sangat baik dalam bermain saham pada saat melakukan trading di pasar modal.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Strategi Jitu Saat Trading Saham Di Pasar Modal" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.