Latest Post


Updated: New Fitur Buku Besar - Trial Balance

App Excel Jurnal, Stock Control & Budgeting
App Excel Jurnal, Stock Control & Budgeting

Contents:

Penjelasan Singkat

Aplikasi Akutansi Excel ini merupakan pengembangan dari aplikasi sebelumnya pada artikel "App Permintaan Persediaan Barang Excel Untuk Control Stock dan Budgeting" terkait transaksi permintaan barang.

Dan fitur yang sudah ditambahakan adalah "Posting Account" yang berguna untuk Membuat Jurnal -  General Ledger (Buku Besar) secara otomatis.

Dengan aplikasi ini tentu akan semakin mudah dalam memonitoring stock (persediaan), budget (kontrol modal pembeliaan), jurnal dan buku besar.

Membuat Transaksi Pembelian Barang Dagangan

Model proses aplikasi ini dalam melakukan transaksi adalah 1 (satu) dokumen untuk banyak item. 

Sebagai contoh kita akan membuat transaksi pembelian untuk 1 dokumen PO dengan 4 produk item sampai ke pembuatan laporan jurnal.

Pertama, Panggil form "Purchase". Pada form ini akan banyak data transaksi terkait pembeliaan barang.

Memanggil Form Transaksi Pembelian
Memanggil Form Transaksi Pembelian

Kedua, Isi data pembelian

Form Isi Data Pembelian
Form Isi Data Pembelian

Ketiga, Nah disini isi data untuk ke 4 produk yang ingin dibeli.

Form Isi Details Produk
Form Isi Details Produk

Setelah langkah 1 - 3 sudah dilakukan jadilah 1 (satu) dokument PO tersebut yang dapat dilihat dengan meng-klik tombol "display", dan akan menampilkan list record data pembelian produk.

Membuat Laporan Jurnal Umum Sampai Buku Besar

Membuat Jurnal (Posting Account)
Membuat Jurnal (Posting Account)

Untuk membuat jurnal dari transaksi sebelumnya sangatlah mudah dan cepat. Klik pada salah satu list record yang ada pada table, kemudian double klik pada record tsb. Dan akan muncul form posting Account.

Kemudian tekan tombol "Posting" dan secara otomatis jurnal dari transaksi yang kita buat sudah terbentuk.

Info Transaksi Jurnal Berhasil Dibuat
Info Transaksi Jurnal Berhasil Dibuat

Record dari transaksi ini dapat dilihat pada "Sheet JurnalUmum"  Seperti contoh dibawah ini

Laporan Jurnal Umum
Laporan Jurnal Umum

Langkah berikutnya pembuatan Buku Besar yang merupakan fitur terbaru dari aplikasi excel ini.

Pembuatan Buku Besar
Tombol Generate GL

Klik pada tombol "buku besar", kemudian akan muncul form GL seperti gambar dibawah ini

Form General Ledger
Form GL

Pilih akun yang diinginkan kemudian klik tombol "proccess" yang akan menghasilkan laporan buku besar terhadap akun yang sudah dipilih, seperti gambar dibawah ini.

Laporan Buku Besar
Laporan Buku Besar

Pembnetukan Buku Besar juga secara otomatis langsung membuat laporan Neraca Percobaan/ Trial Balance secara bersamaan. Untuk lebih jelas dari penggunaan aplikasi ini bisa lihat pada video berikut;

Aplikasi Permintaan Barang Excel
Aplikasi Permintaan Barang Excel

Content:


Penjelasan Singkat

Di era digitalisasi seperti sekarang ini, sangat penting bagi para business owner untuk memiliki aplikasi yang dapat membantu dalam mengontrol kegiatan usahanya sehari-hari. 

Terlebih jika jenis usahanya melibatkan persediaan barang, tentu tidak akan lepas dari yang namanya stock, budgeting dan order (pembelian dan penjualan).

Tampilan Aplikasi

Tampilan Dashboard

Aplikasi Excel ini dibuat khusus untuk menangani transaksi permintaan (order) barang ke gudang persediaan. Bisnis model aplikasi ini, 1 dokument transaksi untuk melakukan banyak order jenis barang.

Anyway, pada gambar dashboard diatas "users" akan mendapatkan informasi seperti activity transaksi dan login, jumlah record permintaan dan produk, chart stock persediaan barang digudang, dan perbandingan total (Rp) antara bugdeting dan permintaan.

Dengan dashboard ini para business owner pun dapat dengan mudah memonitor segala aktifitas yang sudah dilakukan dengan aplikasi ini.

Transaksi Permintaan Barang (Order)

Cara kerja aplikasi ini pun sangat mudah, untuk melakukan order permintaan barang klik pada tombol "Requsition" kemudian akan muncul form Requsition yang dapat diisi untuk melakukan transaksi tersebut.

Untuk lebih jelasnya bisa lihat (klik) gambar dibawah ini (Langkah 1-4).

Transaksi Order Permintaan Barang
Transaksi Order Permintaan Barang

Setelah mengisi data yang diinginkan klik tombol "display" untuk melihat kembali orderan yang sudah dibuat. 

Data Order Permintaan

Pada gambar diatas ini merupakan contoh transaksi permintaan untuk dokument Req/1006 yang didalamnya terdapat 5 jenis item (produk) yang akan diorder ke gudang persediaan dengan berbagai quantity dan harga.

Setiap orderan yang dilakukan system akan menjumlahkannya secara otomatis harga produk per quantity-nya dan memberikan informasi total harga yang diorder (pojok kanan atas).

Ketika total harga yang diorder melebihi budget, system akan memberikan notifikasi dan label harga berubah menjadi merah (lihat gambar paling atas).

Tentu secara otomatis persediaan barang digudang pun akan berkurang sesuai jumlah barang yang diminta sebelumnya.

Laporan Permintaan Barang

Untuk membuat laporan dari transaksi yang sudah dibuat, lakukan select (pilih) data yang ingin dibuat laporannya kemudian klik tombol "Report". System dari aplikasi ini akan meminta konfirmasi untuk men-generate laporan tersebut. Perhatikan gambar dibawah ini.

Generate Laporan Permintaan
Generate Laporan Permintaan

Contoh Format Laporan Permintaan Barang
Contoh Format Laporan Permintaan Barang

Gambar diatas merupakan contoh dari laporan permintaan barang. Tentu saja users dapat berulang kali membuat laporan sesuai yang diinginkan dengan cara yang sama. Mudah dan simple bukan ?!


Video YouTube Demo

Kontak WA: Yan Stevanus (Free Konsul)

Aplikasi Excel lainnya bisa kamu lihat disini


Interface Aplikasi Surat Keluar Masuk Excel
Interface Aplikasi Surat Keluar Masuk Excel

Content:

Penjelasan Singkat

Aplikasi buku agenda berbasis excel ini v1.3 secara khusus dibuat untuk membantu "users" dalam pekerjaan surat-menyurat (surat keluar dan surat masuk).

Dengan aplikasi ini tentu saja dapat dengan mudah meng-arsipkan surat yang sudah dibuat baik itu surat masuk maupun keluar.

Interfacenya pun sudah dirancang sangat "user friendly" agar memudahkan user pada saat menggunakan aplikasi ini.

Interface

Berikut ini tampilan dari aplikasi tersebut;

Tampilan Aplikasi Surat Keluar dan Masuk
Tampilan Aplikasi Surat Keluar dan Masuk


Pada interface inilah users dapat menginput/ membuat agenda untuk surat keluar dan surat masuk. Dan ditampilan ini juga informasi yang disediakan pun cukup lengkap, 

users dapat mengetahui jumlah surat masuk atau surat keluar yang sudah dibuat pada fitur Count Mail.

Informasi yang tidak kalah penting tersedianya fitur Chart Mail Analysis dan Status Record yang berguna sebagai berikut;

Chart Mail Analysis: Menyediakan informasi untuk membandingkan antara surat keluar dan surat masuk dalam bentuk diagram/ chart.

Status Record: Setiap agenda surat baru yang telah dibuat, user dapat dengan cepat mengetahuinya. Kenapa ini penting? 

Bayangkan jika data yang terdapat didalam database sudah ada ribuan record lebih, untuk itu fitur ini dibuat agar tidak membingungkan surat apa yang sudah dibuat sebelumnya.

Dan tambahan fitur canggih berikutnya adalah Fitur Manajemen Arsip yang berguna untuk mengarsipkan baik itu surat masuk maupun keluar ke folder masing-masing secara otomatis dalam bentuk gambar/ foto dan juga PDF.

Fitur Manajemen Arsip | Foto dan PDF
Fitur Manajemen Arsip | Foto dan PDF

Cetak Laporan Periode Surat Keluar dan Surat Masuk

Fitur selanjutnya Print arsip sebagai laporan, jika diperlukan aplikasi ini bisa membuat laporan untuk periode tertentu misalnya harian, mingguan, bulanan bahkan tahunan bisa gunakan fitur ini. Tampilannya sebagai berikut;

Tampilan Form Print Surat Masuk
Tampilan Form Print Surat Masuk

Tampilan Form Print Surat Keluar
Tampilan Form Print Surat Keluar

Fitur ini tersedia pada tampilan utama (icon folder keluar-masuk) yang bisa  dipergunakan untuk mencetak arsip laporan surat yang diperlukan baik itu surat masuk atau surat keluar.

Contoh Laporan Surat Keluar

Gambar diatas merupakan contoh print laporan untuk arsip surat keluar dalam periode 1 bulan, dan untuk informasi "Heading" bisa dicustom sesuai kebutuhanmu.

Penggunaan Aplikasi ini lengkapnya lihat Video YouTube berikut Demo

Cara Mendapatkannya (Download)

Aplikasi ini berbayar dan sangat terjangkau (murah) hanya dengan Rp 100.000 (Seratus Ribu Rupiah) kamu sudah bisa menggunakan aplikasi Pintar Excel ini.

Free Konsultasi

Kontak WA: Yan Stevanus

Aplikasi Excel lainnya bisa kamu lihat disini


 Update 2022/10/28

Interface Aplikasi SPPD Excel
Interface Aplikasi SPPD Excel

Content:

Penjelasan Singkat

Sangat penting untuk sebuah program bisa membantu para penggunanya dalam menyelesaikan pekerjaanya sehari - hari dikantor dengan cepat dan mudah.

Untuk itulah Aplikasi SPPD Berbasis Excel versi 1.4 ini dibuat dengan tujuan bisa memudahkan "users / pengguna" untuk pembuatan Surat Perintah Perjalanan Dinas.

Aplikasi ini sudah dimodifikasi dengan penambahan dynamic form untuk mengisi data, agar memudahkan para users saat membuat surat tugas dengan cepat dan praktis.

Fitur & Penggunaan

Pada program ini terdapat beberapa fitur yang dapat digunakan dengan mudah diantaranya fitur;

Entri: Memanggil Form untuk mengisi data,

Cetak: Untuk mencetak Surat SPPD dalam bentuk foto maupun PDF dan juga Laporan Surat Tugas (periode),


Form Entri Data
Form Entri Data
 
Cetak Gambar dan PDF
Cetak Gambar dan PDF

Record Data Perjalanan Dinas
Record Data Perjalanan Dinas

pada form "Cetak" ini dapat melakukan print untuk Surat Tugas dalam bentuk foto/gambar maupun PDF dan Laporan Surat Perjalanan Dinas berdasarkan kriteria yang dibutuhkan (Periode maupun nama pegawai yang ditugaskan).

Save: Untuk menyimpan langsung data disurat tugas ke "Sheet Entri", sebagai catatan history perjalanan dinas yang bisa digunakan sebagai laporan pertanggung jawaban,

Hapus: Untuk menghapus data dengan cepat pada table surat tugas,

Cari (Userform): Fungsi ini untuk mencari data nama pegawai yang ingin ditugaskan,

Hitung hari otomatis : Fungsi ini selanjutnya untuk menghitung hari secara otomatis berdasarkan pilihan tanggal yang diinginkan.

Hitung Hari dengan Cepat
Hitung Hari dengan Cepat

Untuk membuat surat perintah perjalanan dinas dengan aplikasi ini, bisa klik pada tombol Entri, kemudian akan muncul pop up userform (Gambar 1.1).

Isikan setiap field yang tersedia pada userform tersebut kemudian double klik pada list data pegawai untuk mengisi data nama pegawai yang akan ditugaskan, setelah itu klik tombol save.

Data tersebut akan mengisi secara otomatis ke sheet KOP Instansi/ Surat Tugas, kemudian klik tombol save lagi yang ada pada sheet untuk menyimpan langsung data tersebut ke sheet Entri sebagai history/record data.

Penggunaan Form SPPD Excel
Gambar 1.1 Userform SPPD Excel

Untuk mencetaknya sebagai "hardcopy" atau "softcopy" (pdf) tinggal klik tombol Print, data Surat Perintah Perjalanan Dinas pun langsung tercetak.

KOP Instansi Surat Perintah Perjalanan Dinas
KOP Instansi Surat Perintah Perjalanan Dinas


Laporan Surat Perintah Perjalanan Dinas (Periode)
Laporan Surat Perintah Perjalanan Dinas (Periode)

Fitur Activity
Fitur Activity

Fitur tambahan agar lebih interaktif dan semakin informatif pada aplikasi ini adanya fitur "Activity" (lingkaran merah), agar memberikan informasi 5 record data yang baru saja dibuat secara up to date.

Agar lebih jelas cara penggunaan pada aplikasi SPPD ini bisa lihat video YouTube Demo.

Cara Mendapatkannya (Download)

Aplikasi ini berbayar dan sangat terjangkau (murah) hanya dengan Rp 100.000 (Seratus Ribu Rupiah) kamu sudah bisa menggunakan aplikasi Pintar ini pada versi 1.4.

Free Edition

Mau yang GRATIS?!. Aplikasi ini tersedia juga versi gratisnya dan bisa kamu dapatkan dengan cara follow iG @yan_stevanus dan tag 3 teman kamu pada postingan terkait aplikasi ini admin akan mengirimkannya secara gratiss....


Free Konsultasi

Kontak WA: Yan Stevanus (Klik)

[Aplikasi Surat Excel lainnya: Aplikasi Surat Keluar-Masuk Management Arsip iMG & PDF.

Catatan:
Agar aplikasi berjalan dengan baik, pastikan untuk mengaktifkan 'Macro' Excelnya terlebih dahulu!.


Aplikasi SPPD Excel + Fitur WA
Aplikasi SPPD Excel + Fitur WA

Contents;

  1. Penjelasan Singkat
  2. Cara Mendapatknya

Penjelasan Singkat

Aplikasi SPPD berbasis Excel versi 1.3 ini merupakan pengembangan dari versi 1.2 sebelumnya. 

Untuk versi yang terbaru ini (versi 1.3) sudah ditambahkan dengan fitur Whatsapp yang dapat mengirim pesan dan gambar secara otomatis berdasarkan daftar kontak WA.

Dengan adanya fitur baru ini kamu tidak perlu repot lagi untuk mencari nama-nama tertentu secara satu-persatu (manual).

Hanya dengan men-seleksi (checklist) nama yang kamu perlukan untuk menerima pesan teks dan gambar sebagai laporan surat tugas (Surat Perintah Perjalan Dinas), "mereka" akan langsung menerima laporan tersebut dalam bentuk foto secara otomatis.

Tentunya akan semakin praktis dan cepat dalam membantu pekerjaan kamu pada saat membuat surat tugas perjalanan dinas maupun laporan "history" perjalanan.

"Secara otomatis system excel akan mengirimkannya ke nama-nama yang sudah kamu tuju/ pilih."

Selection Contact List WA

Untuk cara penggunaan dari aplikasi SPPD ini, secara lengkap dapat kamu lihat pada video youtube Demo.

Cara Mendapatkannya

Aplikasi Excel versi 1.3 (berbayar) ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengontak admin.

Free Konsultasi

-WA: Yan Stevanus

-iG: @yan_stevanus

-FB: Yan Stevanus

Sedangkan untuk versi 1.2  Rp 100.000 (Murah Banget) kamu bisa dapatkannya disini.

Info Update:

Aplikasi ini sudah diubah warnanya menjadi seperti versi 1.2 dan penambahan fitur box pesan seperti terlihat pada gambar dibawah ini.

Fitur Kirim Pesan Otomatis dan Gambar (Foto)
Fitur Kirim Pesan Otomatis dan Gambar (Foto)



Aplikasi SPPD Excel
Interface Aplikasi SPPD Excel

Contents;

  1. Penjelasan Singkat
  2. Cara Penggunaan Aplikasi SPPD
  3. Cara Download

Penjelasan Singkat

Pada artikel ini saya mau membagikan secara Gratis aplikasi SPPD Excel v1.1 untuk membuat Surat Perintah Perjalanan Dinas, 

yang mungkin bisa membantu dalam perkerjaan sehari-hari untuk membuat surat tugas perjalanan.

Aplikasi ini berbasis excel yang sudah dimodifikasi dengan menambahkan fitur form, tujuannya untuk memudahkan dalam penginputan data. seperti gambar dibawah ini,

Form Info Pegawai
Form Info Pegawai

Cara Penggunaan Aplikasi SPPD

Penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah. Pertama, klik tombol "CARI" kemudian akan muncul form Info Pegawai yang merupakan nama-nama data pegawai yang sudah tersimpan pada database, kamu bisa mengganti nama-nama tersebut sesuai kebutuhan disheet database.

Kedua, klik salah satu data nama pegawai yang diinginkan, maka nama tersebut akan muncul pada table form yang tersedia.

Kemudian langkah ketiga, lengkapi data yang dibutuhkan pada "field" kosong yang tersedia pada form untuk detailnya, setelah itu tekan tombol "SAVE" pada form info pegawai.

Maka data tersebut akan tampil pada table SPPD secara lengkap (yang ada disheet). Kemudian tekan tombol "SAVE" lagi pada sheet agar tersimpan datanya, yang bisa lihat pada sheet entri sebagai record history perjalanan yang bisa digunakan untuk laporan.

Kalo masih binggung cara penggunaan aplikasi ini, bisa lihat video youtube berikut Demo.

Cara Download

Untuk mendapatkan aplikasi ini follow iG @yan_stevanus kemudian tinggalkan email kamu pada kolom komentar (bisa diblog ini atau komentar instagram). 

Admin akan mengirimkan via email secara gratis dan bisa mendownloadnya.

[Lihat] Aplikasi SPPD Versi 1.3 Excel Premium (Fitur Auto Send Message & Picture by Contact WA)

Powered by Blogger.