Latest Post


Dashboard MoonSky Inventory Control
Dashboard MoonSky Inventory Control

Content:

Terbaru dari aplikasi Excel untuk mengontrol stok persediaan barang di gudang yang sudah disederhanakan agar semkain mudah digunakan oleh pengguna/ users.

Aplikasi ini sudah diperbaharui dan dibuat sesimple mungkin dari versi sebelumnya, walaupun secara tampilan (interface) tidak banyak perubahan. 

Berikut ini tampilan terbarunya;

  • Interface

  1.  Window Transaksi Pembelian (Barang Masuk (In))

    Window Transaksi Pembelian
    Transaksi Pembelian

  2. Window Transaksi Penjualan (Barang Keluar (Out))

    Transaksi Penjualan
    Transaksi Penjualan

  3. Window Warehouse & Locator (Gudang Persediaan/ Stok Barang)

    Info Persediaan dan Locator Barang di Gudang
    Info Persediaan dan Locator Barang di Gudang

Sedangkan pembaharuannya antara lain;

  • New Update

  1. Eliminasi Tombol Generate Document Number (Now: Auto Generate)
  2. Improv Script Code Listview (Fix Bug)
  3. Improv field Date (Fix Bug)

Untuk Fitur dari aplikasi ini sebagai berikut;

  • Fitur Aplikasi
  1. Auto Manejemen Document
  2. Pembuatan transaksi barang masuk pada window Pembelian
  3. Pembuatan transaksi keluar barang pada window Penjualan
  4. Invoice Untuk Transaksi Pembelian dan Penjualan
  5. Laporan untuk barang masuk dan barang keluar (In Out)
  6. Laporan Periode Transaksi untu harian, mingguan, bulanan bahkan Tahunan
  7. Monitoring lokasi dan persediaan barang di gudang (Stock Control) pada window Warehouse & Locator
Mau Aplikasi Excel ini ?? silahkan tinggalkan Email Kamu pada kolom komentar diblog ini kemudian follow iG @yan_stevanus (admin) Maka admin akan mengirimkannya pada email kamu dan kamu  dapat men-downloadnya secara GRATISS !! untuk menggunakan aplikasi canggih ini. 


Membuat Transaksi Dan Laporan Penjualan
Membuat Transaksi Dan Laporan Penjualan

Pembahasan:

Penting buat kamu pemilik usaha untuk mencatat transaksi penjualan yang terjadi setiap hari agar tidak terjadi kekeliruan pada saat evaluasi.

Aplikasi penjualan ini dibuat dengan program Excel yang sudah didesain sesimple mungkin agar memudahkan untuk digunakan.

Layaknya aplikasi canggih management system ini pun sudah sangat teratur dan terstruktur.

Transaksi Penjualan

Kesempatan kali ini kita akan membuat records untuk transaksi penjualan dengan aplikasi Menggunakan Aplikasi Excel Untuk Pembuatan Transaksi dan Laporan Penjualan Barang ini.

Pertama, pada tab Sales klik tombol "Gen.Sales Num" untuk mendapatkan nomor dokumen

Kedua, isi semua field yang diperlukan

Ketiga, Klik tombol "New"

Data akan langsung tersimpan pada database (klik gambar agar lebih jelas).

Form Transaksi Penjualan
Form Transaksi Penjualan

Lanjut ke tab Line

Di tab ini kamu bisa mengisi varian produk (Banyak Produk) yang ingin dijual kepada pelanggan.

Caranya sebagai berikut:

Pertama, Isikan field yang diperlukan

Kedua, Klik tombol New

Datapun langsung tersimpan pada database (Lihat gambar agar lebih jelas).

Form Detail Penjualan
Form Detail Penjualan

Kamu akan melihat icon "Segitiga Kuning" itu tanda status dokument tersebut masih dalam keadaan In Progress, artinya

proses penjualan masih belum selesai. Untuk menyelesaikannya checklist pada dokument tsb kemudian tekan tombol gear maka status dokument akan berubah menjadi "Completed" dengan icon berwarna hijau.

Process Completed Documents
Process Completed Documents

Sebagai tanda untuk transaksi ini sudah selesai dilakukan dan pada system jumlah persediaan barang digudang pun sudah berkurang secara otomatis yang dapat dilihat pada Windows Warehouse & Locators.

Simple dan Praktis kan ?!

Setelah proses yang disebut sudah dilakukan kamu pun bisa membuat invoice dan laporan penjualan berdasarkan kriteria yang diinginkan misalnya periode bulan atau tahun sehingga memudahkan untuk dibaca.

Untuk mencoba aplikasi canggih ini silahkan follow iG yan_stevanus dan tinggalkan email kamu pada box komentar, admin akan memberikannya secara GRATIS 

Jika ingin mengetahui fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi ini bisa lihat review


Aplikasi Pembelian Dengan Excel
Aplikasi Pembelian Dengan Excel

Pembahasan:

Bagi Kamu pemilik usaha pastinya ingin segala bentuk tranksaki seperti pembelian, persediaan maupun penjualan tercatat dengan rapi agar memudahkan dalam pembuatan laporan.

Untuk itu program ini dibuat agar dapat "menghandle" dan mengontrol berbagai jenis transaksi tersebut scara mudah dan praktis.

Pada sesi kali ini akan membahas bagaimana cara membuat tranksaksi pembelian tentunya hanya dengan program excel yang sudah di develop sehingga sangat user friendly.

Membuat Transaksi Pembelian

Pertama, Masuk pada Window PO lalu isikan data yang diperlukan (klik gambar agar lebih jelas).
Pada kolom pertama akan muncul "icon" segitiga kuning tanda bahwa status dokumen masih "In Progress"
Input Data Pembelian
Input Data Pembelian

Kedua, Masuk kedalam "Tab Line" untuk mengisi detail dan berbagai jenis varian produk (banyak produk) yang ingin dibeli (klik gambar agar lebih jelas).
Input Detail Data Pembelian
Input Detail Data Pembelian

Hanya dengan 2 langkah mudah tersebut kamu sudah melakukan pencatatan untuk transaksi pembelian.

Laporan Periode

Untuk membuat laporan pembelian berdasarkan periode tertentu, caranya; 
  1.  Centang "Add. Range Date" kemudian isikan range tanggal yang diinginkan
  2. Tekan tombol filter
  3. Tekan tombol Print
Klik gambar agar lebih jelas
Membuat Laporan Periode
Membuat Laporan Periode

Laporan Pembelian
Laporan Pembelian

Jika ingin mencoba aplikasi excel canggih ini follow iG yan_stevanus dan tinggalkan email anda pada box komentar, admin akan memberikannya secara GRATIS.

Untuk mengetahui fitur apa saja yang terdapat pada aplikasi ini bisa lihat Reviewnya

Dan cara penggunaan untuk melakukan transaksi pembelian barang sampai masuk ke gudang penyimpanan dapat dilihat pada link video Youtube dibawah ini.


Interface Pembelian, Stok dan Penjualan
Interface Pembelian, Stok dan Penjualan

Pembahasan:

Program ini dibuat untuk memudahkan anda dalam memonitor setiap transaksi yang terjadi seperti pembelian, stok persediaan barang di gudang dan juga penjualan

Daftar Isi:

  1. Struktur Dokumen Transaksi
  2. Menu
  3. Fitur
  4. Interface
  5. Support Kontak

Bisnis Model aplikasi ini per dokumen per transaksi, maksudnya 1 transaksi untuk 1 dokumen yang dimana transaksi tersebut bisa berisi banyak list item.

  • Struktur Dokumen Transaksi

Contoh Struktur Dokumen Untuk Transaksi Penjualan

  1. No Dokumen: Sales001/Kota/Date-Time
  2. Nama Pemesan
  3. Alamat
  4. Kontak
  5. Nama Penjual
  6. Tanggal
  7. Nama Gudang
  8. Status Dokumen
  9. Produk:
    9.1 
    Item 1
    9.2
    Item 2
    9.3 
    Item 3
  10. Satuan
  11. Harga
  12. Jumlah
  13. Total
  14. Lokasi Persediaan (xxx-yyy-zzz)

  1. Trx Management
    1.1 PO
    1.2 Bill
    1.3 Sales
  2. Asset Management
    2.1 Info Asset
    2.2Return Asset
  3. Warehouse Management
    3.1 Warehouse & Locator

  • Fitur

  1. Dashboard
  2. Invoice Transaksi
  3. Laporan Transaksi
    3.1 Pembelian
    3.2 Persediaan
    3.3 Dan Penjualan
  4. Laporan Periode
    4.1Pembelian
    4.2Persediaan
    4.3 Dan Penjualan
  5. Database Produk/ Barang
  6. Database Gudang dan Lokasi Penyimpanan
  7. Database Transaksi
    7.1 Pembelian
    7.2 Persediaan
    7.3 Dan Penjualan
  8. Dan lain-lain

  • Interface

Windows Dashboard

Windows Dashboard
Dashboard

Window Pembelian

Windows Transaksi Pembelian
Windows Transaksi Pembelian

Window Stok Gudang


Window Stok Persediaan & Lokasi Barang di Gudang
Stok Persediaan & Lokasi Barang di Gudang

Window Penjualan


Windows Transaksi Penjualan
Windows Transaksi Penjualan

  • Full Support

Admin pun selalu bersedia untuk memenuhi setiap permintaan tambahan modul dan fitur yang anda perlukan.

Kontak Saya untuk dapatkan yang gratis (Free Trial) atau tinggalkan email Anda pada kolom komentar. Pastinya Gratis!


Form Entry/ Input Data
Gambar 1.1 Form Entry/ Input Data

Pembahasan:

Kesempatan baik ini Admin akan berbagi cara membuat Entry Data dari Userform ke Sheet Excel. Hal ini tidaklah sulit selama dapat memahami apa saja yang perlu dipersiapkan. 

Daftar Isi:

  1. Membuat Variable
  2. Menentukan Nama Sheet
  3. Mencari Baris Kosong
  4. Fungsi Simpan Data Ke Database

Tidak perlu lama lagi, admin akan menjelaskan secara detail agar dapat mudah dimengerti.

Pertama
, buat vairable.

Dim bariskosong As Long
Dim wskNamaSheet As Worksheet

Kedua
, tentukan nama sheet untuk menyimpan data sebagai tempat databasenya.
Set wskNamaSheet = Worksheets("Nama Sheet")

Ketiga
, mencari baris kosong untuk simpan data.
bariskosong = wskNamaSheet.Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1, 0).Row

Keempat
, membuat fungsi untuk simpan data ke database Excel.

With wskNamaSheet
'Fungsi simpan data
.Cells(bariskosong, 1).Value = TBName1.Value
.Cells(bariskosong, 2).Value = TBName2.Value
.Cells(bariskosong, 3).Value = TBName3.Value
.Cells(bariskosong, 4).Value = TBName4.Value
.Cells(bariskosong, 5).Value = TBName5.Value
.Cells(bariskosong, 6).Value = TBName6.Value
.Cells(bariskosong, 7).Value = TBName7.Value
End With

Numerik "bariskosong" merupakan fungsi untuk mencari baris sel yang kosong secara otomatis untuk diisi data, sedangkan

angka 1 - 7 merupakan lokasi kolom yang harus disesuaikan dengan TBName1.Value - TBName7.Value.

Secara Lengkap akan terlihat seperti dibawah ini,

Private Sub TombolSimpanData_Click()

Dim bariskosong As Long
Dim wskNamaSheet As Worksheet

'Setting Worksheet untuk dijadikan Database
Set wskNamaSheet = Worksheets("Nama Sheet")

' Untuk mengecek/ mencari baris kosong pada worksheet
bariskosong = wskNamaSheet.Cells(Rows.Count, 1).End(xlUp).Offset(1, 0).Row

With wskNamaSheet
'Fungsi simpan data
.Cells(bariskosong, 1).Value = TBName1.Value
.Cells(bariskosong, 2).Value = TBName2.Value
.Cells(bariskosong, 3).Value = TBName3.Value
.Cells(bariskosong, 4).Value = TBName4.Value
.Cells(bariskosong, 5).Value = TBName5.Value
.Cells(bariskosong, 6).Value = TBName6.Value
.Cells(bariskosong, 7).Value = TBName7.Value
End With

End Sub

Untuk Fungsi simpan data (teks berwarna biru) bisa kalian sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing seperti Gambar 1.1 diatas .

Tentunya mudah sekali kan?. Masih terkait VBA, jika ingin mengetahui cara menyimpan data ke database Access bisa baca pada artikel "Input Data Dari Userform Dengan Excel VBA Ke DB Access".


Updated 2022/10/22
 Nota Penjualan Excel VBA
Contoh Nota Penjualan

Pembahasan:

Pembuatan Nota sangatlah penting dalam menjalankan usaha, karenakan itu digunakan sebagai transaksi alat bukti kepada konsumen detail barang yang harus dibayarkan kepada si penjual.

Sementara dalam membuat nota perlu akurasi yang tinggi dan cepat untuk mencetak detail nama konsumen dan jenis barang yang dibayarkan oleh konsumen.

Bayangkan jika pembuatan nota masih manual, selain lama kemungkinan terjadi kesalahan penulisannya pun cukup besar, tentu itu dapat merugikan sipembeli dan penjual.

Otomatisasi Cetak Kwitansi Penjualan Excel

Dasar pembuatan nota ini menggunakan program Excel dengan penambahan Userform untuk mengotomatiskan dalam mencetak detail nama dan jenis barang yang ditransaksikan di nota. Lihat contoh gambar dibawah ini:

Template Nota Penjualan Plus Userform
Nota Penjualan + Userform

Jadi user untuk mengisi "Nama Konsumen" dan "Jenis Barang" dapat menggunakan Userform pencarian yang dipanggil dari tombol "Cari" berwarna kuning. 

Hanya dengan double klik list nama barang dan nama konsumen yang ingin dimasukkan, list item tersebut langsung masuk kedalam nota (tanpa harus mengetik secara manual). 

Setelah itu jika ingin mencetak nota tinggal klik tombol "Print". Dengan aplikasi ini dapat menjadi solusi dalam pembuatan nota tanpa takut terjadi kesalahan dalam peng-inputan transaksi.

Jika ingin mencoba aplikasi ini silahkan follow iG @yan_stevanus dan tag 3 teman kamu, pada postingan terkait aplikasi ini. Admin akan mengirimkan secara GRATIS!.

Penggunaan dari aplikasi ini dapat dilihat pada link video YouTube berikut Demo

Aplikasi Excel lainnya terkait Nota Pembayaran bisa kamu dapatkan disini !

Aplikasi Excel Terpopuler:
Catatan:
Agar aplikasi berjalan dengan baik, pastikan untuk mengaktifkan 'Macro' Excelnya terlebih dahulu!.
Powered by Blogger.