Aplikasi Program VBA Excel Untuk Database Perusahaan Alat Berat

Update Artikel: 01 Juni 2020

Contoh Laporan Billing Alat Berat - System Billing
Contoh Laporan Billing Perusahaan Alat Berat - System Billing

Scope Artikel:


Aplikasi MoonSky merupakan software database yang dibuat menggunakan Macro VBA berbasis Microsoft Excel yang dibuat khusus untuk menangani bisnis/ perusahaan penyewaan alat berat.

Alasan pembuatan aplikasi ini ialah pemilik perusahaan selalu kesulitan dalam mendapatkan informasi status pelanggan dan sisa jam sewa alat berat yang disewakan kepada pelanggan tertentu. 

Untuk mengatasi persoalan itu dibuatlah 2 fitur yang dapat menghandle permasalahan perusahaan tersebut.

2 fitur itu antara lain: 

Pemilik perusahaan menginginkan fitur tersebut untuk mengetahui kondisi jumlah jam sewa alat mereka yang dibedakan menurut pelanggan lama atau pelanggan baru.

#1. Pemberitahuan Sisa Jam Sewa ( 20 Jam )

Program yang dibuat dari aplikasi VBA Excel ini akan memberitahukan jika batas jam sewa alat sisa 20 jam lagi maka pada list pada database berubah menjadi warna merah

Fitur ini akan memudahkan admin dalam menginformasikan kepada pelanggan dan pemilik perusahaan untuk tindakan selanjutnya terhadap alat berat yang disewakan baik itu pelanggan lama maupun pelanggan baru. Lihat gambar untuk detailnya pada tab "Bill".
Batas Jam Sewa Alat Berat ( 20 Jam ) - Aplikasi Perusahaan
Batas Jam Sewa Alat Berat ( 20 Jam ) - Aplikasi Perusahaan

#2. Status Pelanggan Lama atau Baru

Fitur ini juga tidak kalah penting dikarenakan sisa jam sewa alat dibedakan juga menjadi pelanggan lama atau pelanggan baru.

Maksudnya jika alat berat yang disewakan telah sama atau melewati batas 20 jam untuk pelanggan lama maka list didalam database tidak berubah menjadi warna merah tetapi tetap hitam dan menebal ( Bolt )

Sedangkan khusus untuk pelanggan baru list didalam database jika sama atau melewati batas 20 jam maka akan berubah menjadi warna merah dan menebal juga. Untuk lebih detailnya bisa lihat pada gambar dimenu tab "Bill". 
Status Pelanggan Lama Atau  Pelanggan Baru ( 20 Jam ) - Aplikasi Perusahaan
Status Pelanggan Lama Atau  Pelanggan Baru ( 20 Jam ) - Aplikasi Perusahaan

New Upgrade Modul Billing bisa lihat pada Link: "https://maubergaya.blogspot.com/2020/05/system-aplikasi-bill-moonsky-untuk.html"

Sedangkan didalam menu tab "Bill Details" berisis informasi detail yang terjadi terhadap transaksi alat yang disewakan kepada pelanggan perusahaan. Perhatikan detail gambar untuk menu bill details.
Transaksi Detail Penyewaan Alat Berat - Aplikasi Perusahaan
Transaksi Detail Penyewaan Alat Berat - Aplikasi Perusahaan

Jika ingin reveiw dari software MoonSky bisa dibaca pada artikel berikut

Sedangkan untuk transaksi Purchase Order dapat dibaca pada artikel berikut

Silahkan untuk menghubungi kami jika ingin dibuatkan software untuk bisnis perusahaan menggunakan microsoft excel yang didevelop dengan VBA Macro agar memudahkan setiap transaksi yang terjadi.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca artikel tentang "Aplikasi Program VBA Excel Untuk Database Perusahaan Alat Berat" di official blog kami, silahkan untuk dishare artikel ini agar bisa bermanfaat bagi banyak orang.

Post a Comment

[blogger]
Powered by Blogger.