Latest Post


Modul Proses Penjualan iDempiere

Pembahasan ini menjelaskan tentang modul penjualan pada system iDempiere. Didalam system ini, untuk melakukan proses penjualan melibatkan 4 tahap yaitu Sales Order, Shipment, Invoice (Customer) dan Payment.

Modul ini dibuat sebagai panduan dalam menjalankan transaksi penjualan menggunakan iDempiere. Untuk detail penerapan proses ini dapat dibaca pada daftar dibawah.

1. Window Sales Order

2. Window Shipment

3. Window Invoice (Customer)

4. Window Payment

Semoga modul penjualan yang sederhana ini dapat membantu dalam menggunakan system iDempiere.

Pembahasan kali ini akan menerapkan pembayaran yang diterima dari customer dengan menggunakan system iDempiere,

dimana pada sesi sebelumnya telah menyelesaikan transaksi
Pembuatan Invoice AR Berdasarkan Biaya Shipment + Pajak " yang dapat dibaca pada link berikut http://maubergaya.blogspot.com/2019/04/erp-idempiere-pembuatan-invoice-ar.html

Untuk menyelesaikan proses ini, masuk pada menu Open Items lalu pilih window Payment. Didalam menu payment terdapat 3 tab, diantaranya;

Proses transaksi pembayaran ini dilakukan berdasarkan invoice AR yang telah dikerjakan sebelumnya. Kegunaanya agar terbentuk kecocokan/ matching antara payment dan invoice, sehingga dalam transaksi sebenarnya dapat memiliki bukti atas pembayaran yang sudah dilakukan.


#1. Tab Payment
Pada proses ini masuk ke window Payment, lalu isikan field yang diperlukan, khusus field yang berwarna merah wajib untuk diisi (tidak boleh kosong).

Untuk tahap pembayaran ini isikan field "Document Type" dengan AR Receipt, "Bank Account" dengan menu yang tersedia dan "Invoice" dengan nomor Invoice yang ingin dibayarkan. Untuk lebih detailnya perhatikan gambar dibawah ini.

Tab Payment/ Pembayaran
Tab Payment/ Pembayaran

Setelah mengikuti langkah ini dengan benar lalu klik tombol "Document Action" lalu pada menu tersedia pilih Complete.

Jika sudah maka window payment akan menjadi read only (tidak bisa diedit), tanda proses ini telah selesai dikerjakan.

Proses ini akan membentuk informasi akunting secara otomatis oleh system iDempiere yang dapat dilihat dengan meng-klik tombol "Posted".

Menu Pembayaran Akunting
Menu Pembayaran Akunting
Tab alokasi merupakan informasi bahwa proses pembayaran sudah terdistribusi dengan benar terhadap nomor invoice yang bersangkutan.

ERP iDempiere: Pembuatan Invoice AR Berdasarkan Biaya Shipment + Pajak

Scope Artikel
Pembahasan kali ini akan mempelajari cara pembuatan Invoice (Account Receivble) berikut dengan biaya Pengiriman (Shipment) dan Pajak menggunakan system ERP iDempiere. 

Tutorial ini merupakan lanjutan dari pembahasan sebelumnya yaitu "Peneranpan Shipment Pada System ERP iDempiere" yang dapat dibaca pada link berikut.

http://maubergaya.blogspot.com/2019/04/penerapan-shipment-pada-erp-idempiere.html

Didalam pembuatan Invoice AR terdapat informasi penjualan produk Kopi sebanyak 15 karton dengan biaya pengiriman iDR 2.000.000 dan dikenakan pajak 10%.

Untuk pembuatan invoice document AR masuk kedalam window invoice (customer). 
Didalamnya terdapat 5 tab, diantaranya:
Akan tetapi dalam pembuatan invoice document AR hanya akan menggunakan Tab Invoice Customer, Invoice Line dan Invoice Tax.

#1. Tab Invoice (Customer)
Masuk kedalam window invoice (customer), isikan field yang berwarna merah karena itu merupakan informasi yang wajib diisi (tidak boleh kosong).

Untuk field "Target Document Type" isi dengan AR Invoice, isikan juga field "Business Partner" dengan vendor bersangkutan (terkait shipment document), maka field yang lainnya akan terisi dengan otomatis.

Window Invoice (Customer)
Window Invoice (Customer)

Menu Tab Invoice
Menu Tab Invoice


#2. Tab Invoice Line
Sebagai tahap akhir untuk mengkonfirmasi pada tab invoice klik tombol "Creates Lines From" lalu pada menu shipment pilih nomor shipment document yang ingin diselesaikan.

Hal ini akan membuat informasi produk pada tab invoice line terisi secara otomatis. Proses ini akan membuat kecocokan (matching) document shipment dengan invoice (customer).

Yang artinya proses ini akan memberikan bukti dari dasar pembuatan invoice customer berdasarkan pengiriman barang atau shipment yang telah dibuat sebelumnya.

Invoice Creates Lines From
Invoice Creates Lines From

Menu Tab Invoice Line
Menu Tab Invoice Line

#3. Tab Invoice Tax
Tab ini akan meperlihatkan sebagai informasi pajak terhadap transaksi penjualan produk yang akan dibayarkan kepada pelanggan, sehingga dapat ditentukan total jumlah pembayaran yang akan diterima.

Untuk lebih jelas dapat dilihat pada field Tax Amount dan Tax Base Amount pada gambar dibawah ini.

Menu Tab Invoice Tax
Menu Tab Invoice Tax

Tab Payment Schedule jika pelangga ingin melakukan transaksi pembayaran secara bertahap sedangkan Tab Allocation hanya akan menampilkan transaksi yang sudah dilakukan, teralokasi dengan benar sehingga tidak terjadi kesalahan nantinya dalam melakukan pembayaran di system iDempiere.

Kenapa dalam beberapa transaksi perlu dilakukan matching? Karena dalam setiap transaksi baik itu penjualan maupun pembelian untuk mendapatkan informasi yang akurat sehingga perlu dilakukan matching document agar lebih mudah dalam melakukan penelusuran/ tracking.

Misalnya seperti matching invoice - shipment, material receipt - purchase, invoice - material receipt dan lain-lain.

Untuk itulah system ERP iDempiere dapat menangani proses tersebut dengan sangat baik.

Untuk menyelesaikan proses ini kembali pada Tab Invoice lalu klik tombol Document Action pilih complete pada menu dropdown lalu tekan tombol ceklist.  Hal ini akan membuat window invoice (customer) mejadi read only (tidak bisa diedit kembali).

Setelah langkah ini selesai dikerjakan tahap terakhir adalah proses pembayaran yang dapat dilakukan pada menu window Open Item.

Untuk artikel pembayaran dengan iDempiere dapat dibaca pada link berikut ini.
https://maubergaya.blogspot.com/2019/04/modul-pembayaran-dengan-idempiere.html

Penerapan Shipment Pada ERP iDempiere

Scope Artikel
Untuk melakukan proses shipment pada system ERP iDempiere anda harus menyelesaikan proses sales order terlebih dahulu, yang dapat dibaca pada link berikut ini.


Tutorial kali ini akan mempelajari cara penerapan shipment yang merupakan proses dari menghantarkan barang/ produk sampai ke pelanggan (customers).

Untuk menyelesaikan proses ini akan ada 2 tab yang harus dikerjakan, diantaranya adalah tab:
  1. Shipment
  2. Shipment Line

Berikut langkah cara melakukan proses shipment pada system iDempiere;

#1. Tab Shipment

Untuk menjalankan proses ini masuk pada window Shipment (customer) lalu isikan field document type, business partner dan order, Dapat dilihat pada gambar dibawah ini. Jangan lupa juga tulisan yang berwarna merah artinya field tersebut wajib diisi.

Menu Tab Shipment (Customer)
Menu Tab Shipment (Customer)

#2. Tab Shipment Line

Setelah ini masuk pada tab Shipment Line, isikan field sales order line. Ini akan membuat field yang lainnya terisi secara ototmatis. Sesuai acuan dari case sebelumnya yaitu Penerapan Penjualan dan Pajak Penjualan. Perhatikan gambar dibawah ini agar lebih jelas.

Menu Tab Shipment Line
Menu Tab Shipment Line

Setelah melakukan dengan benar proses ini kembali pada tab Shipment lalu lakukan complete document sebagai menandakan proses ini telah selesai dilakukan, hal ini mengakibatkan tab shipment akan menjadi read only.

Untuk melakukannya tekan icon Gear >>> Document Action pilih Complete pada menu lalu klik tombol ceklist. Lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

Menu Complete Document
Menu Complete Document

Hal ini akan membentuk informasi akunting dari bisnis proses shipment yang dapat dilihat setelah menekan tombol posted.

Shipment Akunting
Shipment Akunting
Cara ini merupakan cara manual untuk melakukan proses shipment document pada system ERP iDempiere.

Jika kita memiliki banyak documents shipment tentu akan memakan waktu yang lama, untuk melakukannya dengan cepat bisa dilakukan pada menu Generate Shipment.

Pada menu tersebut dapat menghasilkan documents shipment secara otomatis. Berikut detail gambarnya.

Menu Shipment Massal
Menu Shipment Massal
Jika proses ini sudah dilakuka dengan benar, untuk tahap selanjutnya bisa dilakukan proses invoice sebagai tagihan pembayaran kepada pelanggan (Customers).

Proses invoice transaksi penjualan dapat dibaca pada artikel (link) berikut ini.
https://maubergaya.blogspot.com/2019/04/erp-idempiere-pembuatan-invoice-ar.html

Scope Artikel:

Tutorial kali ini akan membahas cara melakukan penjualan (sales order) dengan pajak penjualan menggunakan system ERP iDempiere.

Jumlah pajak yang dikenakan kepada customers dalam penjulan ini sebesar 10%. Didalam menu window sales order terdapat 4 tab, antara lain:
  1. Order
  2. Order Line
  3. Order Tax
  4. Payment Schedule
Untuk melakukan transaksi penjualan pada system iDempiere perhatikan langkah dibawah ini.

#1. Tab Order
Merupakan kumpulan informasi customers yang ingin membeli produk. Informasi yang disajikan diantaranya alamat, status dokumen, harga, total harga, grand total dll. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini.

Menu Tab Order
Menu Tab Order

#2. Tab Order Line
Pada menu tab order line disinilah jenis dan jumlah produk yang akan dilakukannya penjualan. Pada contoh gambar produk yang dijual kepada customer merupakan kopi dengan quantity 15 karton. 

Dimana dalam 1 karton terdapat 50 quantity masukkan juga pajak sebesar 10%. System akan menjumlahkan secara otomatis total harga + pajak yang sudah ditetapkan sebelumnya.

Menu Order Line
Menu Order Line

#3. Tab Order Tax
Pada tab ini merupakan informasi jumlah pajak yang dikenakan dari proses penjualan produk yang sudah kita lakukan sebelumnya yang dimana system telah memprosesnya secara otomatis.

Sehingga dapat ditentukan jumlah harga (grand total) yang harus dibayar oleh customers. Untuk lebih jelasnya bisa lihat gambar dibawah ini. 

Menu Order Tax
Menu Order Tax

Untuk transaksi ini admin tidak melakukan proses payment schedule terlebih dahulu.

Setelah melakukan langkah-langkah yang telah disebutkan sebelumnya kembali ke tab order lalu lakukan complete document dengan meng-klik tombol "Document Action".

Jika proses ini sudah dilakukan dengan bener maka menu tab order akan berubah menjadi "read only" atau hanya bisa dibaca tidak bisa lagi diedit.

Setelah proses ini selesai dengan benar barulah bisa dilakukannya proses shipment. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan dikolom komentar.

Proses shipment dapat dibaca pada artikel dibawah ini.
https://maubergaya.blogspot.com/2019/04/penerapan-shipment-pada-erp-idempiere.html

(Semua Tipe) Menghilangkan Iklan Di HP Xiaomi Dengan Cara Yang Mudah
Pembahasan:

  • Menghilangkan Pop Up Iklan Yang Sering Muncul Pada Layar Smartphone Xiaomi Untuk Semua Tipe


Banyak para pengguna hp Xiaomi sangat resah dengan iklan yang sering muncul pada layar handphone yang mereka miliki.

Mungkin anda semua binggung termasuk saya pada waktu itu dan bertanya, dari manakah iklan tersebut muncul?

Setelah dianalisa ternyata iklan yang selalu muncul pada layar smartphone Xiaomi berasal dari aplikasi bawaan hp tersebut.

aplikasi bawaan tersebut antara lain: MSA, App Store, dan File Manager (tiruan).

Ketiga aplikasi tersebut harus dihentikan untuk menghilangkan iklan yang  sering muncul pada layar handphone  yang kita punya.

Cara ini berlaku juga pada semua tipe smartphone Xiomi (Redmi 3/ Pro, Redmi Note, Redmi 2, Redmi Note Prime, dll)


Langkah - Langkah Untuk Menghilangkan Iklan Yang Sering Muncul Pada Layar Xiaomi

Berikut ini cara untuk menghentikan ke 3 aplikasi bawaan Xiaomi agar tidak berjalan lagi yang menyebabkan iklan selalu mucul:

Pada smartphone anda masuk ke settings, installed apps lalu cari aplikasi MSA, App Store, File Manager

cara-menghilangkan-iklan-di-hp-android-xiaomi-MSA
Aplikasi MSA

cara-menghilangkan-iklan-di-hp-android-xiaomi-app-storejpg
Aplikasi App Store

cara-menghilangkan-iklan-di-hp-android-xiaomi-file-manager.jpg
Aplikasi File Manager (Tiruan)
Setelah menemukan masing- masing dari ketiga aplikasi tersebut scroll ke bawah lalu tekan/ tap pada tombol Clear Data, Clear Cache, Force Stop dan Disable

Untuk langkah selanjutnya masuk kembali ke settings, additional settings, privacy scroll kebawah cari apps with usage access 

cara-menghilangkan-iklan-di-hp-android-xiaomi-app-usage.jpg
Apps With Usage Access

Nonaktifkan pada ketiga aplikasi bawaan Xiaomi tersebut, contohnya bisa lihat pada gambar "Apps With Usage Access" diatas.

Langkah yang sudah dijelaskan ini merupakan tips/ cara untuk menghilangkan iklan yang sering muncul pada layar hp Xiaomi tanpa root dan sangat efektif tanpa menggangu kinerja smartphone yang kita miliki.

Yang perlu diingat jika iklan tersebut muncul lagi lakukan hal yang sama dengan cara ini

Kenapa hal tersebut bisa terjadi lagi?, dikarenakan saat kita ingin mengupdate otomatis aplikasi yang lain,  system hp Xiaomi membawa kita masuk ke App Store (bawaan xiaomi) yang membuat aplikasi tersebut aktif kembali.

Untuk itu jika ingin melakukan update aplikasi lakukan langsung dari play store.
Powered by Blogger.