Latest Post


System Login VBA Macro
MoonSky-System Login
MoonSky merupakan System Informasi (SI) database yang dibuat menggunakan VBA Macro berbasis Microsoft Excel.

Dimana pada kasus kali ini membahas desain pembuatan aplikasi PO dan Billing (Hours) untuk penyewaan alat berat menggunakan VBA macro yang terdapat pada microsoft excel.

Adapun menu yang tersedia pada system MoonSky antara lain;
  1. Purchase Order
  2. Billing (Hours)

Pemilik perusahaan alat berat tersebut menginginkan untuk dibuatkan aplikasi yang dapat meng-record data purchase order dan tagihan billing yang didasari pada total jam sewa alat berat yang disewakan pada client.
Interface System Dengan VBA Macro
MoonSky-Interface


#1. Window Purchase Order

Pada menu PO, fitur yang tersedia dapat merecord transaksi purchase order secara detail kedalam database.

Fitur lainnya dapat mencetak invoice pembelian barang dan laporan harian, bulanan bahkan tahunan secara lengkap.
System Purchase Order Dengan VBA Macro
MoonSky-PO
Artikel Transaksi Purchase Order: "Aplikasi PO Dengan Macro VBA Excel"
Link: https://maubergaya.blogspot.com/2019/06/aplikasi-po-dengan-macro-vba-excel.html

#2. Window Billing

Sedangkan menu bill, jam sewa pun dibedakan berdasarkan status "Pelanggan Baru" dan "Pelanggan Lama", 

dimana untuk pelanggan baru jika sisa total jam sewa tinggal 20 jam maka system tersebut akan memberitahu dengan "list berwarna merah" sedangkan untuk pelanggan lama "list" tetap hitam akan tetapi berubah menjadi "bolt"/ huruf tebal. 

Tentunya dalam menu billing ini juga dapat mencetak invoice dan juga laporan harian, bulanan, sampai tahunan.
System Billing Dengan VBA Macro
MoonSky-Bill
Artikel Transaksi Billing: "Aplikasi Program VBA Excel Untuk Database Perusahaan Alat Berat"
Link: https://maubergaya.blogspot.com/2019/06/aplikasi-program-vba-excel-untuk.html

Pembuatan system informasi yang baru dibahas ini merupakan contoh desain aplikasi untuk kebutuhan perusahaan sewa alat berat. 

Kami juga dapat menyediakan jasa pembuatan system aplikasi menggunakan VBA Excel yang dapat menyesuaikan dengan kebutuhan bisnis proses usaha/ perusahaan anda.

Untuk kontak detail kami dapat klik di http://maubergaya.blogspot.com/2015/08/contact-us.html


Daftar Modul Proses Pembelian iDempiere

Modul ini membahas tentang alur proses pembelian pada system iDempiere. Untuk menjalankan proses pembelian ini, akan melibatkan 4 langkah, antara lain: Purchase Order, Material Receipt, Invoice ( Vendor ), dan Payment.

Tutorial ini dibuat sebagai panduan dalam menjalankan transaksi pembelian menggunakan system iDempiere. Adapun alur transaksi dalam proses pembelian dapat dilihat pada daftar dibawah:

1. Window Purchase Order

2. Window Material Receipt

3. Window Invoice ( Vendor )

4. Window Payment

Semoga modul pembelian yang singkat ini bisa membantu dalam menjalankan transaksi pada system iDempiere.

Modul Transaksi Pembayaran Dengan iDempiere Berdasarkan Invoice AP
Setelah menyelesaikan proses Invoice AP, transaksi selanjutnya masuk ke proses pembayaran pada system iDempiere. 

Bagi yang belum membaca tentang pembuatan invoice untuk pembayaran kepada vendor dapat dilihat pada artikel berikut:


Pembuatan transaksi modul pembayaran di iDempiere dilakukan berdasarkan Invoice AP, tujuannya agar lebih mudah melacak setiap transaksi yang terjadi.

Untuk menyelesaikan proses ini masuk ke menu Open Items lalu pilih Payment. Maka akan dihadapkan pada window payment (lihat pada gambar).

Menu Open Items
Menu Open Items

Didalam Window Payment akan terdapat 3 tab, antara lain:

  1. Payment
  2. Allocate
  3. Allocations
Namun dalam proses ini hanya akan menggunakan tab payment saja.

#1. Tab Payment

Setelah masuk, isikan field Document Type "AP Payment", lalu isi field Invoice dengan nomor invoice pada transaksi sebelumnya, maka field lainnya akan terisi secara otomatis. Jangan lupa untuk mengisis pada field Bank Account pada menu dropdown yang telah tersedia, setelah itu tekan tombol "Save" ( lihat gambar agar lebih jelas ).

Window Payment
Window Payment


Langkah terakhir klik pada tombol "Gear" kemudian klik pada tombol "Document Action", maka akan muncul popup.

Lalu pada field document action pilih "Complete" lalu klik tombol "Ceklist", maka akan terbentuk document account payable ( lihat gambar agar lebih jelas ).

Document Action
Document Action
Complete Document
Complete Document

Untuk melihat jurnal akunting dapat dengan menekan tombol "posted" pada bagian bawah form. Ini merupakan proses akhir dalam modul pembelian dengan menggunakan system iDempiere. Semoga artikel ini dapat membantu.

Pembuatan Invoice ( Vendor ) Berdasarkan MR Di iDempiere

Scope Artikel

Pembahasan ini merupakan proses pembuatan invoice vendor sebagai bukti pembayaran kepada client terkait material receipt yang telah dibuat pada artikel sebelumnya. Yang dapat dibaca pada link berikut.

"Proses Pembuatan Material Receipt Berdasarkan Purchase Order"

System iDempiere mendukung proses transaksi pembuatan invoice vendor berdasarkan document material receipt. Yang berfugsi sebagai bukti document invoice terhadap barang yang telah dibeli dan diterima oleh perusahaan.

Untuk menjalankan proses transaksi ini, masuk ke menu Invoice ( Vendor ). Maka akan dihadapkan pada window yang tersedia. Untuk lebih detailnya lihat pada gambar.

Menu Invoice ( Vendor )
Menu Invoice ( Vendor )

Didalam window ini akan banyak terdapat tab, namun pada kasus ini tab yang digunakan antara lain:
  1. Invoice
  2. Invoice Line
  3. Invoice Tax

#1. Tab Invoice
Pada tab ini, isikan field "Target Document Type" dengan AP Invoice dan "Business Partner" dengan nama perusahaan yang terkait pada material receipt, maka itu field lainnya akan terisi secara otomatis.

Setelah itu klik pada tombol "Create Lines From" yang berfungsi sebagai validasi antara document invoice dan material receipt. Maka document matching akan terbentuk secara otomatis. Lihat gambar untuk lebih detailnya pada proses ini.

Transaksi Invoice
Transaksi Invoice
Validasi Invoice ( Vendor ) - MR
Validasi Invoice ( Vendor ) - MR


#2. Tab Invoice Line
Setelah melakukan validasi pada proses pertama tadi, pada tab invoice line akan terisi secara otomatis informasi yang dibutuhkan sesuai MR.

Tab invoice line merupakan form untuk melihat detail dari jenis dan jumlah produk pada document transaksi invoice. Berikut detail gambarnya.

Tab Invoice Line
Tab Invoice Line


#3. Tab Invoice Tax
Tab ini hanya akan menyajikan informasi detail pajak dari transaksi terhadap pembelian produk oleh perusahaan. Dalam hal ini jumlah pajak yang dikenakan sebesar 10% ( lihat gambar untuk lebih detailnya ).

Tab Invoice Tax
Tab Invoice Tax

Untuk menyelesaikan proses ini kembali ke form invoice. Cari dan tekan tombol "gear" kemudian tekan lagi pada tombol "Document Action", pada popup document action pada menu pilih "Complete" lalu tekan tombol Ceklist. Bisa lihat gambar untuk lebih jelasnya.

Document Action
Document Action

Complete Document
Complete Document


Jika proses ini sudah dilakukan dengan benar maka pada window ini otomatis akan berubah menjadi read only, yang artinya tidak dapat dilakukan edit pada document ini.

Untuk tahap selanjutnya baru dilakukan pembayaran pada menu payment yang dapat dibaca pada artikel " Modul Transaksi Pembayaran Dengan iDempiere Berdasarkan Invoice AP ".

Link https://maubergaya.blogspot.com/2019/05/modul-transaksi-pembayaran-dengan.html

Pembuatan MR iDempiere Berdasarkan PO

Scope Artikel

Pembahasan kali ini akan mempelajari pembuatan Matertial Receipt ( MR ) berdasarkan PO pada system iDempiere yang telah dibahas pada sesi sebelumnya. Yang dapat dibaca pada artikel berikut.


Untuk memulai proses MR masuk pada menu material receipt ( lihat gambar ). 

Menu MR
Menu MR

Didalam window tersebut untuk menyelesaikan proses ini hanya akan melewati 2 tab pada window MR, antara lain:
  1. Material Receipt
  2. Receipt Line

#1. Tab Material Receipt

Setelah masuk ke window material receipt, isikan field "Document Type" dengan MM Receipt,
"Business Partner" dengan vendor yang sama pada form Purchase Order, lalu field "Warehouse" dengan nama gudang milik perusahaan.

Untuk mem-validasi MR dengan PO tekan pada tombol Create Lines From, akan muncul popup, isikan field purchase order dengan nomor document PO yang telah dibuat sebelumnya lalu klik pada tombol select kemudian tekan tombol "ceklist". Untuk detailnya bisa dilihat pada gambar.

Tombol Create Lines From
Tombol Create Lines From

Validasi MR - PO
Validasi MR - PO

#2. Tab Receipt Line
Proses validasi tersebut akan mengisi form pada tab Receipt Line secara otomatis, jadi tidak perlu repot lagi untuk mengisi secara manual. 

Form Receipt Line
Form Receipt Line


Proses ini pada system iDempiere akan membentuk document macthing antara material receipt dengan purchase order.

Setelah itu kembali lagi ke window material receipt, kemudian pada icon "gear" klik tombol tersebut,
lalu tekan juga tombol "Document Action" pada field tersedia pilih Complete lalu tekan tombol ceklist untuk menyelesaikan proses material receipt.

Jika proses ini dilakukan dengan benar maka window MR akan berubah menjadi "read only" yang artinya form ini tidak lagi dapat diedit kembali. 

Setelah itu untuk proses selanjutnya baru dilakukan transaksi invoice (vendor). Dapat dibaca pada artikel berikut : Proses Pembuatan Invoice Vendor Berdasarkan Material Receipt + Pajak Pembelian Pada System iDempiere https://maubergaya.blogspot.com/2019/05/pembuatan-invoice-vendor-berdasarkan-mr.html

Tutorial iDempiere: Transaksi Pembelian dan Pajak

Scope Artikel

Tutorial kali ini akan membahas cara melakukan pembelian menggunakan system ERP iDempiere. Untuk melakukan hal tersebut masuk pada menu window Purchase Order (lihat pada gambar dibawah)

Window PO
Window PO

Pada window PO akan terdapat banyak "tab" tetapi dalam kasus ini untuk melakukan pembelian hanya akan menggunakan tab Purchase Order, PO Line dan Order Tax.
  1. Purchase Order
  2. PO Line
  3. Order Tax
Artikel Tambahan: Daftar Modul Proses Penjualan Dengan ERP iDempiere

#1. Tab Purchase Order

Setelah masuk pada window PO isikan informasi yang dibutuhkan untuk transaksi pembelian. Pada field Target Document Type pilih Purchase Order, Business Partner dengan vendor terkait dan Warehouse pada menu tersedia.

Maka field yang lainnya akan terisi secara otomatis. setelah itu masuk pada tab PO Line. Untuk detailnya langkahnya dapat dilihat pada gambar dibawah ini.

Tab Purchase Order
Tab Purchase Order


#2. Tab PO Line

Pada tab ini, isikan informasi produk yang ingin dilakukannya transaksi pembelian dan jumlah produk yang dibeli. Dalam hal ini satuan untuk pembelian menggunakan karton dimana dalam 1 karton terdapat 50 pcs.

Untuk field price akan terisi secara otomatis yang merupakan harga beli produk tersebut. Dan jangan lupa juga untuk mengisi field tax

System iDempiere akan menjumlahkan biaya yang harus dibayar secara otomatis. Berikut gambar detailnya.

Tab PO Line
Tab PO Line


#3. Tab Order Tax

Tab ini akan memberikan informasi jumlah pajak yang akan dikenakan kepada perusahaan yang melakukan transaksi pembelian. Perhatikan gambar dibawah agar lebih jelas.

Tab Order Tax
Tab Order Tax

Untuk menyelesaikan proses ini kembali ke tab purchase order cari icon "gear" lalu klik pada tombol tersebut kemudian klik pada Document Action, maka akan tampil window popup.

Complete Document PO
Complete Document PO


Pada field document action pilih "Complete" lalu tekan tombol "Ceklist". Ini menandakan proses pembelian dengan menggunakan system ERP iDempiere telah selesai dilakukan.

Setelah proses ini dilakukan untuk langkah selanjutnya adalah Material Receipt.

Artikel Pembuatan Material Receipt Berdasarkan Purchase Order Pada System iDempiere
https://maubergaya.blogspot.com/2019/05/pembuatan-mr-idempiere-berdasarkan-po.html
Powered by Blogger.